oleh

Zakat Kaum Muslimin Batam Capai Rp 33,3 Miliar

MEDAKO.CO.ID, Batam– Zakat, infak, sedekah yang terkumpul dari umat muslim Kota Batam pada Ramadan dan Idul Fitri 1440 H/2019 sebanyak Rp 33.368.723.000. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain Umar mengatakan jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumya.

“Ada kenaikan sebesar Rp 32.908.000 dari tahun 2018,” kata Zulkarnain dalam laporannya sebelum Salat Id di Dataran Engku Putri Batam Centre, Rabu, 5 Juni 2019.

Salat Id di alun-alun kota ini diikuti ribuan jemaah. Bersama warga dalam saf salat tampak Walikota, Wakil Walikota, dan Sekretaris Daerah Kota Batam. Bertindak sebagai imam, Ustaz Muslim Ahmad. Khatib, Ustaz Lukman Rifai. Dan bilal, M. Rasyid Ridho.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Batam yang telah mendukung pembangunan. Karena untuk membangun Kota Batam harus ada dukungan semua pihak.

“Apa yang kami lakukan, demi rakyat Batam.Terima kasih kepada seluruh masyarakat Batam khususnya yang hadir pada pelaksanaan salat Idul Fitri ini karena kita sepakat bersama membangun pariwisata di Kota Batam yang kita cintai,” sebutnya.

Ia menjelaskan pembangunan infrastruktur jalan ini akan sampai ke Batuaji, Sagulung, Nongsa, dan Sungai Beduk. Jalan utama dan jalan lingkungan akan selesai tahun 2025.

“Tahun 2025 Batam akan bebas dari jalan rusak,” ujar Rudi.

Pemko Batam menurutnya juga berupaya untuk membangun perekonomian di Batuaji. Satu di antaranya dengan membangun Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Masjid ini akan diresmikan pada September mendatang dengan mengundang tiga ulama besar, ustaz Abdul Somad, Habib Syech Abdul Qodir Assegaf, dan Kasim Ilyas dari Malaysia. Secara sempurna masjid berkapasitas 25 ribu jamaah ini akan rampung pada tahun 2020.

“Saya undang masyarakat Batam untuk hadir bersama-sama meresmikan masjid yang akan menjadi kebanggaan warga Batam,” ujarnya.

Diakhir sambutannya Rudi mengajak warga Batam untuk menjaga agar Batam senantiasa aman kondusif. Harapannya, warga Batam menjaga kekompakan dan tidak mudah berselisih.

Khatib Lukman Rifai dalam ceramahnya menyampaikan lima langkah dasar Rasulullah Muhammad SAW ketika membangun Madinah. Pertama membangun masjid sebagai pusat pembangunan ibadah. Selanjutnya membangun ukhuwah, membangun kekuatan ekonomi, dan menciptakan perdamaian.

“Semoga ini bisa menjadi inspirasi kita membangun Batam yang madani dengan spirit Idul Fitri dan Ramadan yang telah kita lalui,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan peyerahan sertifikat arah garis kiblat Engku Putri dari Kepala Kantor Kemenag Kota Batam kepada Walikota. Dengan diterimanya sertifikat itu maka pelaksanaan salat Idul Fitri tiap tahunnya dilaksanakan di Dataran Engku Putri.

Pada momen salat Idul Fitri ini juga diumumkan pemenang lomba mobil hias dalam kegiatan pawai takbir yang diselenggarakan Pemko Batam malam sebelumnya. Pemenangnya yaitu Kecamatan Lubuk Baja dengan nilai 85. Juara 2 diraih Kecamatan Bengkong dengan total nilai 84, juara 3 Dinas Kesehatan dengan nilai 81, serta juara harapan 1 Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Batam dengan nilai 80.

Reporter: Umi Nur

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed