oleh

Wisata Burung Dara di Kota Lama

MEDAKO.CO.ID, Tanjungpinang- Ragam destinasi wisata ditawarkan untuk menarik perhatian pengunjung di Kota Tanjungpinang. Tak hanya sejarah dan budaya, Kota Gurindam juga menawarkan destinasi kekinian: wisata burung dara. Lokasinya di kelenteng Bahtera Sasana, Jalan Merdeka.

Nuansa burung dara di Kota Lama ini sekilas seperti yang terdapat di Trafalgar Square, London, Inggris. Atau Piazza San Marco di Italia. Dengan lebih banyak kombinasi lokal.

Beberapa bulan belakangan, lokasi burung dara ini mulai didatangi pengunjung. Ada yang sekadar menikmati kopi seraya menyaksikan burung. Atau selfie dengan banyaknya burung. Burung-burung yang menetap di kawasan ini jinak.

Tidak hanya menyediakan kopi, warung di sekitaran kelenteng juga menyuguhkan beragam kuliner khas daerah. Pengunjung bisa menyantap makanan ditemani para burung.

Kini masyarakat tak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika sekadar ingin nikmati wisata burung. Tinggal datang ke Kota Lama, pengunjung bisa bermain dengan burung sepuasnya.

Memberi makan burung juga dipersilakan. Tinggal tabur pakan di atas lantai, puluhan burung dara ini pun seketika turun berhamburan. Cocok banget untuk berswafoto ria.

“Tidak ada biaya masuk di sini. Gratis. Kecuali kalau minum di kedai saya, baru bayar,” kata Ayin, pemilik warung di sekitaran kelenteng, kepada Medako, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Tanjungpinang, Raja Fakhrul, mengatakan wisata burung dara merupakan paket dari jejak jelajah warisan Kota Lama yang ia gagas. Paket ini sekarang gencar ditawarkan kepada wisatawan mancanegara.

 

Setia Usaha Tao Pe Kong Puan Sri Heni Beauty (kiri) bermain bersama burung. (Foto: Baba)

Masih ingat Heniwati? Kasi Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, yang kemarin dikira bule Taiwan. Wanita permai yang dijuluki Setia Usaha Tao Pe Kong Puan Sri Heni Beauty, ini sudah mencoba bermain dengan burung-burung. “Seru. Pengunjung bakal ketagihan,” katanya.

Kabid Ekonomi Bapelitbang Kota Tanjungpinang Zulhidayaf, menilai swafoto bersama burung dengan latar Kota Lama, akan sangat indah. “Ini layak dijual kepada wisatawan,” ujarnya.

Anggota Pokdarwis Kelurahan Tanjungpinang Kota Syafruddin, menambahkan bahwa burung dara di kelenteng Sasana Bahtera ini sejak dulu jadi objek foto. “Sekarang harus diperkenalkan kembali,” kata dia.

So, jangan hanya ke pantai saja. Wisata burung dara ini juga perlu dikunjungi supaya makin hits.

Repoter: Sudirman

News Feed