oleh

Waspada! Oknum Penjual Mesin Kasir Gentayangan

MEDAKO.CO.ID, Batam– Pemerintah Kota Batam melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) sedang gencar mensosialisasikan pemasangan tapping box di tempat-tempat usaha. Tapping box alat perekam transaksi pajak daerah yang dipasang pada mesin kasir.

Cilakanya, di tengah keseriusan Pemko meningkatkan pendapatan asli daerah, ada oknum yang ingin mencari keuntungan pribadi. Oknum tersebut gentayangan mendatangi para objek pajak menawarkan cash register atau mesin kasir. Dan mengaku ditunjuk BPPRD Kota Batam.

“Ada yang melaporkan, didatangi oknum. Karena itu kami mengimbau para pengusaha, wajib pajak, berhati-hati,” kata Kepala BPPRD Batam, Raja Azmansyah, Selasa, 23 Oktober 2018, di Batam.

Azman menegaskan Pemko Batam tidak pernah menunjuk siapapun untuk menjual mesin kasir. Pengusaha diminta melapor ke pihak berwajib apabila didatangi oknum tadi. “Jika ada oknum yang memaksa untuk beli peralatan dimaksud, silakan lapor ke pihak berwajib,” ujarnya.

Pada 2018 BPPRD menargetkan 500 alat pemantau transaksi (transaction device monitoring) atau tapping box terpasang. Hingga pertengahan Oktober 235 unit yang telah terpasang. Target pemasangan yakni objek pajak restoran, hotel, tempat hiburan, dan parkir.

“Totalnya 1.578 objek pajak dari empat jenis usaha itu,” kata Azman.

Reporter: Umi Nur

News Feed