oleh

Wabup Natuna Hadiri Rakornas FORWAKADA Se-Indonesia di Jawa Tengah

Medako.co.id, Natuna – Wakil Bupati Ngesti Yuni Suprapti Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, menghadiri rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Wakil Kepala Daerah : Wakil Bupati/wakil Walikota (Forwakada) se-Indonesia diikuti 59 wakil kepala Daerah dan Walikota digelar Hotel Bahari Inn, Tegal, Jawa Tengah mulai 27-28 September 2019.

Acara ini difasilitasi dan didukung sepenuhnya oleh pemerintah kota Tegal, Jawa Tengah melalui wakil walikota Muhamad Jumadi. ST.MM dan dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah menyampaikan bahwa harus ada kebersamaan dalam mengemban tugas dan tanggungjawab pembangunan daerah antara kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Yang paling penting adalah membangun komunikasi walaupun jarang bertemu, tapi komunikasi tetap berjalan dan ini yang saya dilakukan dengan pak Gubernur,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi. ST.MM,
dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada wakil bupati dan wakil walikota yang hadir di kota Tegal.

“Besok kita akan tinjau Puskesmas dan Rumahsakit yang sudah menggunakan aplikasi dalam pelayanannya dan statusnya baik puskesmas maupun RSUD sudah BLUD, jadi tidak membebani APBD,” bebernya.

Kata wakil Walikota, untuk aplikasi ini baru diterapkan 4 bulan. Setelah saya dilantik jadi wakil, dua bulan berikutnya semua pelayanan publik diterapkan dengan sistem aplikasi, tambahnya.

Pelaksanaa rakor forwakada telah dihasilkan beberapa hal diantaranya adalah penajaman secara intern sebagai sebuah organisasi dalam keanggotaan maupun pendanaan .

Kemudian upaya sosialisasi kepada seluruh pemko dan pemkab se Indonesia bahwa telah terbentuk Forwakada secara resmi dan menindak lanjuti hasil pertemuan dengan DPR komisi II ke Mendagri, mengenai poin-poin dasar yang telah yang telah menjadi keputusan bersama.

Selain itu kegiataan lain sebagai tambahan adalah gala diner di rumah walikota Tegal, senam pagi bersama, penenaman pohon cemara di pantai Alam Indah, dan peninjauan lapangan.

Wakil Bupati Natuna Ngesti kepada batamtimes.co melalui WhatsAApnya mengatakan, forum ini sebagai wadah dalam rangka bertukar pikiran mengenai potensi serta inovasi pembanguna dari masing-masing daerah.

“Melalui forum ini kami bukan hanya berbagi pengalaman tetapi juga berbagi informasi mengenai berbagai potensi di daerah masing-masing serta penjajakan kerjasama daerah,” kata Ngesti.

Dalam pertemuan tersebut Ngesti juga ikut menyumbang beberapa pokok pikirannya sebagai bentuk penguatan kelembagaan Forwakada dalam menjalankan tugas di daerahnya.

“Ada enam pokok pikiran, sehingga memberikan manfaat yang bagi anggotanya untuk membantu kepala daerah demi memaksimalkan pembangunan di daerah,” pungkasnya.(Red)

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed