oleh

Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Babinsa Serda Hendry Beri Wawasan Kebangsaan Kepada Masyarakat Nelayan Desa Air Nusa

Medako.co.id, Serasan – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Hendry melakukan kegiatan komunikasi sosial (Komsos), bersama masyarakat nelayan Desa Air Nusa Kecamatan Serasan Timur Kabupaten Natuna, Senin 24 Juni 2019.

Dalam kesempatan itu, abdi negara yang bertugas diwilayah Koramil 06/ Serasan itu menjalin silaturahmi dengan warga nelayan di Air Nusa. Ia berharap kesempatan berkomunikasi bersama masyarakat dapat menumbuh wawasan dan rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara.

“Kita ingin menambah wawasan masyarakat, untuk lebih meningkatkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan serta kesadaran berbangsa untuk mengatasi kesulitan masyarakat,”ujar Serda Hendri.

Memberi pengertian kepada komponen masyarakat, menurut Serda Hendry merupakan tugas TNI sebagai ujung tombak pembangunan di Desa. TNI sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekutan pendukung selalu sejalan dan bekerja bersama demi keutuhan NKRI.

IMG 20190624 141525
Masyarakat Desa Air Nusa mendengarkan pemaparan Serda Hendry tentang wawasan kebangsaan

“Setiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya penbelaan negara, hal ini tertuang dalam pasal 27 ayat 3 berbunyi bahwa usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung. Pasal 30 ayat 2, jadi setiap warga negara mempunyai andil untuk pembela negara berdasarkan undang-undang nomor 3 tahun 2002 pada pasal 27 ayt 3 dan 30 ayat 1 dn 2,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Serda Hendry juga membahas 4 konsensus dasar bernegara dalam wawasan kebangsaan yaitu: 1. Pancasila. 2. Undang -undang Dasar 1945 3. NKRI dan 4. Bhineka Tunggal Ika. Wawasan kebangsaan dalam bela negara tutur Serda Hendry harus belandaskan, Cinta tanah air, Kesadaran berbangsa dan bernegara dan pancasila, Rela berkorban dan Disiplin, kerjasama dan bertanggung jawab agar NKRI jaya selamanya,”tuturnya. (Red)

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed