oleh

Telkomsel Minta Pemkab Lingga Berinisiatif

MEDAKO.CO.ID, Lingga– Banyak daerah di Kabupaten Lingga yang belum terjangkau sinyal. Utamanya di pulau-pulau. Aktifitas komunikasi warga pun terhambat. Termasuk urusan pemerintahan.

Guna mengatasi hal tersebut, Pelaksana Tugas Kabag Kominfo Humas Setda Lingga, Buana F. Februari mendatangi kantor Telkomsel di bilangan Batam Center, Jumat, 4 Januari 2019. Buana minta penjelasan dari Telkomsel mengenai progres penguatan sinyal di Kabupaten Lingga.

Buana disambut Manager Network Services Batam, Andi Suapril dan Yurianda Syahputra Pane, SPV RTPO Tanjungpinang.

Dari pertemuan ini justru Telkomsel minta inisiatif Pemkab Lingga agar menyurati Telkomsel Pusat dan Kemenkominfo untuk pengadaan tower baru. Sebab, kata Andi Suapril, tahun ini Telkomsel tidak ada rencana membangun tower baru.

“Telkomsel hanya meningkatkan kapasitas dan kualitas sinyal di Kabupaten Lingga dari yang masih 2G ke 3G dan hingga ke 4G,” katanya.

Dan daerah yang paling memungkinkan didirikan tower baru, menurut Andi, Tanjung Kelit. Sinyal dari tower di kawasan ini diperkirakan mampu mengcover sinyal hingga pelabuhan Sei Tenam dan Kudong.

“Hanya saja masih terdapat kendala: pasokan listrik yang belum memadai,” ujar Andi.

Kendala lain, ia menambahkan, tingginya perbukitan di Lingga. Itu sebabnya dua kali Telkomsel gagal membangun tower di daerah ini.

“Solusinya dibangun tower dengan ketinggian 92 Meter. Dan hal itu dapat digantikan dengan penggunaan jaringan fiber optik Palapa Ring Barat (PRB),” kata Andi.

Maka, Pemkab disarankan menyurati Telkom selaku pengelola PRB. Pemkab diminta pula menyenyediakan lahan dengan skemanya pinjam pakai seperti yang dilakukan di Natuna dan Anambas. Pasokan Listrik juga minimal harus 12 jam.

“Lahan tolong dicarikan dan listrik tolong disediakan, nanti tagihannya kami yang bayar,” kata Andi.

Terdapat aturan yang memoratorium Pemda membangun tower. Sehingga bila Pemkab hanya mengharapkan Telkomsel, butuh waktu yang tak bisa ditentukan. Hal ini, menurut Andi, justru membuka peluang bagi BUMD atau swasta membangun tower yang kemudian disewakan ke para provider, termasuk Telkomsel.

Kata Buana, Bupati Lingga Alias Wello sejak awal menjabat telah berupaya meningkatkan sinyal komunikasi di Lingga. Bagian Kominfo Humas Setda Lingga yang kebagian tugas mewujudkannya.

Repro: Indra Simarmata