oleh

Syamsu Rizal: Dokter Harus Punya 3K

MEDAKO.CO.ID, Lingga- Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga,  dr Mohammad Syamsu Rizal sepakat bahwa dokter sedikitnya harus punya 3K: Kesantunan, Kesejawatan dan Kebersamaan. Karakter ini penting bagi setiap dokter yang disumpah melayani siapapun dengan segenap jiwa dan raganya.

“Bahkan musuh sekalipun harus dilayani sebaik mungkin. Jika tidak ada (3K) itu, maka tugas seorang dokter tidak akan pernah berjalan dengan baik, bahkan rusak,” katanya kepada Medako di ruang kerjanya, Kamis, 20 Desember 2018.

Peran dokter sentral dalam kehidupan masyarakat. Dan selama menjalankan tugas tak selamanya berjalan mulus. Adanya laporan masyarakat yang kecewa terhadap pelayanan oknum dokter kemungkinan besar terjadi. Rizal tak menampik kemungkinan tersebut.

Bahkan ia mengakui menerima laporan ketidakpuasan masyarakat terhadap oknum dokter di Lingga. Dan pihaknya telah mengambil tindakan konkret. “Tapi tak bisa saya sebutkan siapa dan dimana bertugas. Sudah saya minta IDI (Ikatan Dokter Indonesia) untuk panggil yang bersangkutan,” katanya.

Rizal kemudian menjelaskan satu persatu karakter 3K. Kesantunan, ujarnya, dapat diartikan dokter yang memiliki kemampuan komunikasi baik terhadap pasien, sejawat, dan tenaga kesehatan lainnya yang menjadi mitra kerja.

Karakter Kesejawatan bermakna dokter yang menjunjung tinggi etika profesi, dan meningkatkan kemampuan serta kompetensi bidang kedokteran. Adapun karakter Kebersamaan, interkonektivitas dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kalau ada dokter yang tak melaksanakan (3K), bisa dilaporkan ke pimpinan PKM (Pusat Kesehatan Masyarakat) atau ke bidang pelayanan kesehatan (Yankes). Bahkan kalau melanggar kode etik, bisa laporkan ke IDI,” tuturnya.

Tugas pokok dan fungsi dokter, Rizal menambahkan, diatur Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013.

Reporter: Simarmata