oleh

Selesaikan Tapal Batas Desa dan Kecamatan, Pemkab Anambas Gelar Rakor

MEDAKO.CO.ID, Tarempa- Rapat Kordinasi (Rakor) dan Sinkronisasi Terhadap Penetapan dan Penegasan Batas Desa dan Kecamatan. Acara dibuka Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas,Wan Zuhendra, Kamis malam, 1 Agustus 2019, di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS).

Kegiatan berlanjut pada siang harinya di tempat yang berbeda, yakni ruang pertemuan Siantan Nur (Jumat, 2 Agustus 2019).

Dalam rapat dijelaskan bahwa syarat penetapan tapal batas desa dan kecamatan harus berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Batas Desa. Supaya penetapan mempunyai kekuatan hukum.

Narasumber kegiatan sekaligus Fungsional Surveyor Pemetaan, Andriayana menjelaskan penetapan tapal batas sulit dilakukan bila belum ada penegasan dari pemerintah daerah, dan tidak ada peta kerja sama.

“Saat kami datang pada 2018, memang belum ada penegasan dari pemerintah. Kita pasti kesulitan apabila tidak ada peta kerja sama sekali. Kalau ingin tahu peta wilayah desa atau kecamatan bisa menyurat ke BlG (Badan Informasi Geospasial),” katanya.

Adapun Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Kepala Bagian Administrasi Tata Pemerintahan, Raja Almizar memberikan kesempatan kepada peserta rapat untuk melakukan dialog dan tanya jawab.

Maka, Sekretaris Camat Kecamatan Siantan Selatan, Rahimin dalam dialog tersebut menjelaskan permasalahan tentang tapal batas ini.

Berdasarkan UU Nomor 45 tahun 2016, katanya, sudah jelas penetapan batas wilah desa dan kecamatan. Namun kenapa sampai detik ini  belum ada penetapan batas wilayah desa ataupun kecamatan.

Belum adanya tapal batas desa dan kecamatan bisa menjadi konflik sosial antar-masyarakat. Dan masalah pemetaan batas ini masih rancu,” ujar Rahimin.

Asisten I Setdakab Anambas, yang membidangi pemerintahan, Zukhrin juga ikut menyampaikan beberapa hal terkait dengan tapal batas.

“Masalah batas desa dan kecamatan memang menjadi hal yang sangat kami khawatirkan. Makanya nanti kami akan membentuk tim, untuk peninjauan batas-batas yang ada masalah,” ucapnya.

Reporter: Muslim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed