oleh

Sekda Natuna Buka Pelatihan Unit Pengumpulan Zakat

Medako.co.id, Natuna – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna Wan Siswandi membuka secara resmi pelatihan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kabupaten Natuna dan penyerahan bantuan dana Zakat Baznas Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 yang berlangsung di RM. Sisi Basisir, Ranai, Rabu pagi 11 September 2019.

Acara yang dilaksanakan oleh Badan Amal Zakat (Baznas) Kabupaten Natuna ini dimulai dengan pembacaan lantunan ayat suci Al-Quran dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Dalam sambutannya, Wan Siswandi mengatakan sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk membersihkan harta kita hal ini bisa dilakukan dengan cara membayar zakat.

Sebagai komitmen dari Pemerintah Kabupaten Natuna dalam mendukung Baznas insyaallah mulai tahun depan kami seluruh instansi Pemerintah Kabupaten Natuna akan membayar Zakat.

“Kami dari Pemda sudah membuat surat edaran kepada seluruh OPD dan seluruh pegawai untuk menyisihkan gaji dan pendapatan untuk membayar zakat” tutur Wansis.

Lebih lanjut, Wansis juga berpesan kepada seluruh anggota Baznas yang akan mendapatkan pelatihan untuk mengkuti pelatihan dengan sungguh-sungguh agar ilmu yang didapatkan mampu menjadikan Baznas Kabupaten Natuna lebih baik lagi.

IMG 20190911 110621
Foto bersama

Masih di tempat yang sama pimpinan Baznas Provinsi Kepri Moh. Aminuddin Hadi dalam sambutannya menjelaskan Baznas Provinsi merupakan koodinator pengumpulan dan pendistribusian Zakat diseluruh Wilayah Provinsi Kepri yang dibantu oleh Baznas disetiap Kabupaten/kota termasuk Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) di tingkat Provinsi ataupun tingkat Kota.

Baznas Republik Indonesia merupakan satu-satunya lembaga non struktural yang diberi kewenangan mengumpulkan dan mendistribusikan zakat dalam rangka mengentaskan kemiskinan.

Lanjut Aminuddin mengatakan, sesuai dengan selogan Hari Kemerdekaan kemaren SDM unggul Indonesia maju hal ini juga berlaku untuk Baznas dimana SDM Amil Zakat di tuntut unggul.

“Untuk itulah pelatihan ini dilakukan agar mampu mendorong kinerja Amil Zakat Kabupaten Natuna lebih baik lagi kedepannya” tutup Aminudin.
Acara diakhiri dengan penyerahan dana Zakat Baznas Provinsi Kepri sebanyak 4 bidang penyaluran yakni bidang Pendidikan, bidang Ekonomi, bidang Dakwah, bidang Sosial secara simbolis oleh Sekda Natuna.

Hadir dalam acara Pimpinan Baznas Kepri,Para OPD kabupaten Natuna, para FKPD, ketua MUI, ketua LAM, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat Natuna. (Red)

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed