oleh

Sampah di Penyengat Jadi Perhatian Khusus Kemenpar

MEDAKO.CO.ID, Tanjungpinang- Tumpukan sampah yang menghiasi Pulau Penyengat mendapat perhatian khusus Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Tumpukan sampah ini dikhawatirkan merusak citra pulau yang ditetapkan sebagai destinasi tujuan wisata di Tanjungpinang. Kemenpar minta pemerintah Kota Tanjungpinang segera mengatasi.

“Kami prihatin. Ketika kita sampai di Penyengat kita diperlihatkan sampah yang berserakan. Risi rasanya,” ujar Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Kemenpar RI, Lokot Enda Ahmad, Jumat, 13 April 2019.

Mengatasi persoalan sampah ini Pemko sebenarnya bisa menggandeng BUMN yang memiliki dana CSR. Seperti PT Pelindo, BI, PT Angkasa Pura dan beberapa lagi yang lain. Seperti yang dilakukan daerah-daerah luar yang juga jadi tujuan wisata, seperti Belitung atau Pulau Seribu. Belitung sudah berhasil mengatasi sampah. Dan Tanjungpinang dipandang perlu belajar ke daerah tersebut.

Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul juga mengaku prihatin dengan persoalan sampah di Pulau Penyengat itu. Berbagai upaya dan imbauan sudah dilakukan. Namun agaknya belum maksimal.

Menurut Syahrul, sampah yang berserakan di Penyengat kebanyakan kiriman dari Tanjungpinang yang terbawa arus bila air pasang. Ia mengatakan akan segera memerintahkan DLH dan Perkim mengatasinya. Masyarakat diminta pula berperan serta.

“Bagaimana pun sampah ini musuh bersama,” katanya.

Reporter: Lukman Hasim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed