oleh

Polres Natuna Luncurkan Smart SIM

Medako.co.id, Natuna – Polres Natuna luncurkan Smart Sim yang merupakan realisasi dari Program Promoter Kapolri yang mensyaratkan PROMOTER terhadap kinerja maupun hasil kerja Polri.

Smart Sim menjadi program jitu bagi masyarakat natuna untuk bisa melakukan pembayaran e-tilang langsung, pembayaran jalan tol, pembayaran parkir, transaksi belanja.

“Kegunaan Smart Sim ini sangat beragam,  selain untuk bertransaksi dapat juga mencegah praktek pungli yang sering terjadi. Seperti kita lihat maupun dengar disetiap daerah,” kata Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto melalui telepon. Kamis (26/9).

AKBP Nugroho mengatakan, Smart Sim ada perpaduan antara perubahan bentuk fisik dan data chip kartu sim dengan memberdayakan teknologi informasi secara terpusat dan terpadu dengan Disdukcapil, IRSMS dan Data Base lain dalam mendukung Tugas Pokok Polri.

Ia juga menerangkan, Smart Sim berfungsi sebagai Identitas dengan data lengkap (Data Forensik). Dan juga sebagai media pencatat riwayat pelanggaran lalulintas maupun kecelakaan bagi para pemegang SIM.

“Selain kegunaan dan fungsinya banyak, Smart Sim juga memiliki keunggulan tersendiri dalam bentuk dan data bagi masyarakat yang terkoneksi langsung pada data kependudukan,”ungkapnya.

Dengan adanya penerapan Smart Sim diwilayah Kabupaten Natuna diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan pelayanan bagi masyarakat dalam bertransaksi.

“Pada intinya, Polri ingin mempermudah pelayanan bagi masyarakat melalui teknologi digital untuk dapat melengkapi surat kelengkapan dalam berkendara,” harapnya.

Sementara Kasatlantas Polres Natuna Iptu Zubaidah menuturkan, penerapan Smart Sim ini mempermudah masyarakat manakala Simnya disita oleh Kepolisian. Misalkan di tilang secara otomatis pembayaran dendanya melalui e-tilang dan apabila pemilik Smart Sim tersandung pidana, maka disita dan sisa saldo akan dikembalikan kepada pemilik smart sim mekanisme bank BNI melalui rekening masing-masing.

“Sekarang ini aplikasi Smart Sim bisa download langsung di Playstore melalui Hp, setelah mendapatkan Nomor SIM nya untuk kode yang akan dimasukkan di data Aplikasi Saldo di Bank, dan kita bisa memilih Bank yang telah terkoneksi seperti dibank BRI – Brizzi, dan Bank BNI – TapCash. Selain itu, Smart Sim menyediakan Saldo maksimal Rp.2.000.000,- untuk digunakan pembayaran apa saja,”paparnya.

Ia juga menambahkan, program jitu Mabes Polri selain Smart Sim ada juga pembuatan Sim Online merupakan system Teknologi dan informasi yang mengintegrasikan Pelayanan Sim diseluruh Indonesia kedalam pusat Data Sim di Korlantas Polri mulai dari Pendaftaran manual di Satpas maupun Pendaftaran / Registrasi secara Online pada Website Korlantas Polri.

Selain itu, masa berlaku Sim selama 5 tahun sejak tanggal produksi, tidak berdasarkan tanggal lahir lagi. Dan penulisan nama sesuai akta lahir tanpa penambahan pangkat dan atau gelar.

“Jadi bagi masyarakat yang ingin memperpanjang Sim dan sudah hampir habis waktu, bisa langsung melalui layanan Sim Online dengan Verifikasi, Identifikasi, Pengujian Teori, Pengajuan melalui Alat Uji Ketrampilan Pengemudi Ujian Praktek hingga proses produksi yang direkam secara Digital. Kelebihan Registrasi Sim Online, Pemohon bisa daftar dimanapun dan kapanpun melalui media Hp, Computer, yang terkoneksi jaringan Internet dan pemohon bisa memilih hari/tanggal dan lokasi satuan penyelenggara administrasi sim mana saja yang pemohon tentukan,”terangnya. (Tim)

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed