oleh

“Politik Kedai Kopi” Kian Gencar di Anambas

MEDAKO.CO.ID, Tarempa,-  Sejumlah elit partai politik beserta beberapa tokoh masyarakat di Anambas asyik membicarakan politik jelang Pilkada 2020. Umumnya di kedai kopi. Nyaris semuanya terlibat aktif membicarakan dinamika politik ini.

Kamis, 12 September 2019, sejumlah pengurus partai di Anambas juga nimbrung di kedai milik Laihin, di sekitaran pasar Tarempa. Di antaranya, Indra Syahputra elit Partai Golkar, M. Sani elit Partai Demokrat, Ketua Partai Perindo Nurdin, petinggi partai Gerindra, pengurus PAN, Muslim dan Anggota DPRD Anambas, Raja Bayu.

Pembicaraan berlangsung seru. Seraya tertawa Indra mengajak seluruh pihak untuk meramaikan Pilkada 2020.  “Maka dari itu, perlu calon yang lebih dari satu. Dan calon-calon tersebut harus yang berkompeten, berkualitas dan lain-lainnya. Mari sama-sama kawan-kawan Parpol rekrut sebanyak-banyaknya calon,” katanya.

M. Sani bersepakat dengan Indra. “Pilkada ini harus nampak benar-benar seperti perlombaan. Ada persaingan yang sengit. Harus nampak usaha para calon, sehingga mereka memang harus kerja keras untuk mendapatkan kursi A1 dan A2. Dinamika harus ada. Jangan adem-adem ayem saja,” kata pria yang akrab disapa Pang Adong/Ba itu.

Banyak nama-nama kandidat yang mereka bicarakan untuk diunggulkan maju di pilkada nanti. Sebagian besar nama-nama itu berasal dari Tiga Kecamatan besar di Anambas: Siantan, Palmatak dan Jemaja.

Sumber Medako menyebutkan, jelang Pilkada 2020 nanti dua partai dipastikan berkoalisi, yaitu PPP dan PDI-Perjuangan. Apalagi calon yang diusung dua partai ini sedang memimpin di Anambas: Bupati dari PPP dan Wakil Bupati dari PDI-P. Kemungkinan besar, kata sumber tersebut, dua Parpol ini tetap berkoalisi di pilkada 2020.

Sedangkan Golkar dan PBB sudah melakukan Deklarasi secara resmi berkoalisi. Golkar sendiri mempunyai perwakilan kursi di DPRD sebanyak dua kursi. Sedangkan PBB juga ada dua kursi di gedung Dewan. Sehingga gabungan partai ini bisa mengusung pasangan calon di Pilkada nanti.

Masih ada beberapa Parpol yang belum menyatakan sikap politiknya. Di antaranya PAN, Nasdem, Perindo, Gerindra, Hanura dan Demokrat.

Terdapat perbedaan pandangan dalam obrolan di kedai kopi tersebut. Ada yang menyatakan setuju ganti pemimpin. Sebagian masih menginginkan pemimpin yang sekarang lanjut dua periode.

Terlepas dari semua itu, yang asyik pembahasan disertai gelak tawa. Meski di antaranya keras suaranya dalam menyampaikan pandangan. Tapi tertawa-rialah yang menghilangkan ketegangan itu.

Reporter: Muslim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed