oleh

Piala Adipura Setelah 15 Tahun

MEDAKO.CO.ID, Lingga- Kabupaten Lingga akhirnya berhasil meraih piala adipura untuk tahun 2018. Piala diserahkan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jakarta, , Senin, 14 Januari 2019.

Bupati Lingga, Alias Wello mengatakan Piala Adipura untuk Bumi Bunda Tanah Melayu kado istimewa menyambut 3 tahun pemerintahan dirinya dengan Muhammad Nizar. Adapun pada 2017 lalu Lingga sekadar mendapatkan Sertifikat Adipura saja.

“Ini anugerah yang luar biasa,” katanya usai menerima piala tersebut.

“Penghargaan ini baru diraih setelah 15 tahun usia Kabupaten Lingga,” kata Siswadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga, menambahkan.

Penyerahan piala sejatinya dijadwalkan pada Desember 2018. Namun Kementerian LHK yang empunya hajat, mengundur pelaksanaan menjadi 14 Januari. Sebanyak 115 Kabupaten  dan Kota dalam kategori Kota Kecil menerima Piala Adipura bersamaan dengan Kabupaten Lingga.

Tiga Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Kepri yang juga meraih piala adipura, yakni Kabupaten Bintan, Karimun dan Kota Tanjungpinang.

Bupati Lingga berangkat ke Jakarta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Siswadi dan Kepala Dinas Pendidikan, Junaidi Adjam.

Sebelumnya, Kabupaten Lingga juga berhasil menyabet dua penghargaan nasional di bidang lingkungan hidup, yakni penghargaan Adiwiyata Nasional 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kedua penghargaan Adiwiyata Nasional diraih SMA Negeri 2 Dabo dan SMK Negeri 1 Dabo.

Reporter: TJ. Simarmata

News Feed