oleh

Peringati WCD, Mapala STAI Natuna Bersama 28 Komunitas Gelar Aksi Bersih-bersih

 

Medako.co.id, Natuna – Bertempat di lapangan sepak bola Serindit, Ranai Sabtu pagi, 21 September 2019. Mapala STAI Natuna bersama 28 Komunitas, Instansi pemerintah dan pelajar Natuna menggelar kegiatan World Cleanup Day (WCD) atau Hari Pembersihan Dunia dengan tema “Natuna Bersih Tanpa Sampah”

Hari Pembersihan Dunia adalah program aksi sosial global yang bertujuan memerangi masalah limbah padat global, termasuk masalah puing-puing laut. Hari Pembersihan Dunia diperingati setiap tanggal 21 September.

Ketua pelaksana WCD Natuna, Usman menyampaikan diselenggarakannya, kegiatan aksi bersih sedunia atau World Cleanup Day (WCD) merupakan inisiasi dari pemerintah Provinsi Kepri. Kegiatan ini diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia.

Khusus di Natuna sebagai kordinator dalam kegiatan ini adalah Mapala STAI Natuna. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Instansi pemerintah, Lanal Ranai, Lanud RSA dan Kodim 0318/Natuna.

IMG 20190921 WA0047

“Kita di Natuna komunitas yang menyelenggarakan kegiatan ini dari Mapala, dan didukung oleh 28 Komunitas lainnya. Kegiatan ini juga mendapat dukungan langsung dari DLH Natuna yang menyediakan alat angkut sampah dan sarana lainya,”terang Usman.

Lebih lanjut, ditambahkan Usman tujuan dari kegiatan WCD ini untuk mengajak masyarakat Natuna agar bersama-sama menggalakkan anti limbah plastik.
“Kita ingin mengajak masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan terutama terbebas dari sampah plastik,”ujarnya.

Wujud nyata dari kegiatan bersih- bersih ini, sambung Usman telah membersihkan tiga lokasi diantaranya, dibelakang Pasar Ranai, belakang Sungai Ranai dan dibelakang Mes Pulau Laut.

“Peserta yang ikut dalam kegiatan bersih-bersih pada pagi hari ini sekitar 200 orang, semua lembaga dan instansi yang kita undang hadir mengirim utusanya. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti,”terangnya.

IMG 20190921 WA0046

Usman menambahkan, Kegiatan World Cleanup Day 2019 merupakan kegiatan kampanye aksi bersih terhadap sampah yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Dunia termasuk Indonesia yang sudah ikut serta dari tahun 2014 lalu.

Hal ini sangat penting bahwa terdapat 1,3 Miliar Ton sampah yang dihasilkan setiap tahunnya hanya -+ 368 Juta Ton sampah yang berakhir ditempat penampungan sampah Dunia.
Sementara sampah yang lainnya tersebar di Sungai, Laut, dibakar secara terbuka tersebar di jalan-jalan di perkampungan dan perkotaan.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni dalam kesempatan itu, mengajak masyarakat agar sadar akan kebersihan lingkungan dan bijak dalam membuang sampah, serta tidak mengotori lingkungan.

“Himbauan dan kegiatan bersih-bersih ini sudah sering dilaksanakan, namun saya melihat kesadaran kita terhadap sampah masih berkurang. Melalui kegiatan ini mari kita tingkatkan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan, terutama limbah plastik,”pesan Wabup.

Wabub Ngesti, juga menyampaikan hasil dari kegiatan tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi dirinya untuk kegiatan kota bersih.

Turut hadir dalam kegiatan CWD di Natuna diantaranya, Kapolsek Bunguran Timur, Kompol M. Sibarani, Pasiops Kodim 0318/Natuna, Letda Arh E. Sinurat, Danposal Penagi (Letda Laut (P) Susetio Budi), Kasibimin Pers Lanud Raden Sadjad, Lettu Adm Setio Mastino, Camat Bunguran Timur , Wan Suhardi, Lurah Ranai Kota, Suparman Ketua STAI Natuna, Kartubi.

Peserta World Cleanup Day (WCD) Natuna terdiri dari, Lanud Raden Sadjad, Lanal Ranai, Kodim 0318/Natuna, PMI Natuna, Tim SAR Natuna, RSUD Natuna, Polsek Bunguran Timur, STAI Natuna dan Siswa/i SLTA dan SLTP Natuna.
(Red)

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed