oleh

Pemko Tanjungpinang MoU Wisata Halal dengan Kemenpar

MEDAKO.CO.ID, Tanjungpinang- Pemerintah Kota Tanjungpinang melaksanakan Momerandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata RI. MoU itu terkait penerbangan dan pariwisata halal di Kota Tanjungpinang.

MoU ditandatangani Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar RI, Ni Wayan Giri Andyani dan Wali Kota Tanjungpinang Syahrul pada “Wonderful Indonesia Touris Meeting And Conference” di Binakarma Audotorium Binakara, Jakarta, Rabu, 10 April 2019.

MoU disaksikan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dan pejabat di lingkungan Kemenpar RI. MoU tersebut sebagai bentuk dukungan Pemko Tanjungpinang kepada Kemenpar RI terhadap pengembangan wisata halal di Indonesia, khususnya di Tanjungpinang.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya usai penandatangan MoU menyampaikan pesan kepada Kabid Destinasi dan Pemasaran Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang, Maswito. Menpar minta agar Tanjungpinang berkosentrasi mengembangkan wisata halal untuk menarik kunjungan wisman dari negara muslim ke Tanjungpinang.

Sebab, kata ia, potensi wisman muslim jumlahnya relatif banyak namun belum tergarap secara maksimal. “Saya rasa ini perlu digarap oleh Pemko Tanjungpinang. Karena potensi wisata halal Tanjungpinang sangat besar,” ujar Arief.

Tanjungpinang, ia menambahkan, punya potensi mengembangkan wisata halal karena didukung posisi geografis yang strategis dan dekat dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Selama ini banyak sekali wisman muslim yang berkunjung ke dua negara tersebut.

Tanjungpinang juga mendapat pujian dari Arief Yahya karena potensi kulinernya yang luar biasa dan sudah terkenal luas ke mancanegara.

Wali Kota Tanjungpinang melalui Asisten Ekonomi.dan Pembangunan Irwan, mengatakan bahwa Pemko memang tengah konsern mengembangkan pariwisata.

“Dari lima program unggulan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, bidang kebudayaan dan pariwisata masuk di dalamnya. Jadi program Kemenpar sejalan dengan Pemko Tanjungpinang,” ujar Irwan.

Pada malam Wonderful Indonesia Touris Meeting And Conference tersebut, Tanjungpinang meraih penghargaan destinasi wisatai halal unggulan. Dan secara umum Provinsi Kepri sebagai destinasi halal terbaik ke-3 se Indonesia setelah Lombok dan Aceh.

Piagam penghargaan diserahkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada kepala daerah.

Reporter: C. Diana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed