oleh

Okta dan Filosofi Ngopi

MEDAKO.CO.ID, Tanjungpinang- Kopi bagi sebagian orang adalah candu. Tapi tidak bagi Okta, staf Sekretariat Disbudpar Kota Tanjungpinang. Sebagai pegawai yang diamanahkan mendampingi pimpinan dalam aktivitas pekerjaan, tugasnya diakui membutuhkan stamina dan talenta yang mumpuni.

Maka, kebiasannya mengopi lebih dari sekedar iseng, tapi juga tuntutan tugas. Sambil menyeruput secangkir kopi, Okta bilang ada filosofi kehidupan di baliknya.

“Saya selalu ingat pesan Pak Kadis dalam beberapa kesempatan, bahwa sah-sah saja mengopi, asal jangan lupa mempaste. Awalnya saya agak bingung, tapi setelah lama menerawang, saya bisa ambil benang merahnya. Ada pesan tersirat di dalam pesan tersebut. Bahwa dalam bekerja, kapanpun dan dimanapun, tetap saja ada tindaklanjutnya. Tentu saja dalam arti semua pekerjaan selesai,” kata Okta panjang lebar.

Rekan kerjanya, Maknya, yang juga salah seorang peracik kopi favorit Okta, menilai bahwa Okta termasuk penikmat kopi yang boleh tahan. Hampir tiap pagi ngopi.

Okta, kata Maknya lagi, kalau sudah ngopi seperti lebih tenang dan bijak dalam menyikapi sesuatu. Termasuk ketika solar habis di penjuru pom bensin. Ia tetap cooling down.

“Ngopi itu bisa buat aku bijak,” ujar Okta kepada Maknya.

Dari situ ia merasa dapat mengambil filosofi dari kopi bahwa pelajaran hidup yang tidak selalu manis, akan selalu ada yang pahit. Namun jika mampu melewatinya, akan tercipta kenikmatan.

“Dan kopi tak pernah memilih siapa yang layak menikmatinya. Karena dihadapan kopi kita semua sama,” tambah Okta setelah menenggak secangkir kopi terakhirnya seraya tak percaya kata-kata bijak itu bisa mengalir begitu saja dari mulutnya.

Baginya, jangan terburu-buru dalam menjalani sesuatu. Nikmati saja apa yang ada. Seperti halnya minum kopi.

Begitulah Okta. Tidak ada yang menyangka di balik penampilannya yang kaku ternyata hatinya lembut dan pemikirannya luas. Aroma khas dan menenangkan dari secangkir kopi rupanya menggambarkan dirinya.

Cak Wit

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed