oleh

Menteri KKP Minta Pemda Natuna Buatkan Perda Bongkar Muatan di TPI SKPT Selat Lampa

Medako.co.id,Natuna – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Susi Pudjiastuti berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna secepatnya membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang bongkar muatan kapal di pelabuhan SKPT Selat Lampa.

Dengan adanya Perda tersebut, setiap kapal Indonesia yang mencari ikan di laut Natuna harus bongkar muatan di tempat penampungan ikan (TPI) , Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa.

IMG 20190511 WA0067
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ketika meninjau pelabuhan SKPT Selat Lampa

“Saya minta agar Pemda Natuna segera membuat Perda bongkar muatan disini. Apalagi saat ini kapal dari Jakarta dan Jawa sudah lebih dari tiga ratus kapal yang mencari ikan di laut Natuna. Jadi melalui Perda tersebut Natuna bisa mendapatkan retribusi dan PAD. Disamping itu juga akan ada dan lowongan pekerjaan bagi masyarakat Natuna”,ungkap Menteri Susi di pelabuhan SKPT Selat Lampa Kecamatan Pulau Tiga, Sabtu siaang 11 Mei 2019.

Menyinggung soal penenggelaman KIA pelaku illegal fishing di laut Natuna, Menteri Susi menyampaikan pada tanggal 11 Mei 2019 dilaksanakan penenggelaman secara serentak di tiga (3) titik berbeda yaitu di Pontianak ada 3 KIA, Belawan 3 KIA dan di Natuna ada 7 KIA yang di tenggelamkan.

“Kenapa kapal KIA ini, kita tenggelamkan pertama agar tidak di beli kembali oleh yang punya. Kedua agar rumpun atau terumbu karang terjaga tidak rusak. Saya pikir itu keputusan yang adil. Mereka curi ikan, kapal mereka kita jadikan rumah ikan supaya ikannya lebih banyak lagi”,terang Menteri Susi. (Red)

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 comments

  1. saya hanya ingin berikan masukan ke Mentri Susi pujiastuti,minta pemda Natuna membuat perda,kl semua kapal penangkapan ikan harus bongkar ikan di pelabuhan kkp slt lampa,itu kurang pas,krn kapal masyarakat yang di daerah Tl Buton hanya membongkar ikan hanya 10kg harus ke selat lampa,itu sangat merepotkan Nelayan tempatan,kl mau buat perda harus cantumkan kapasitas 20gt keatas,kl dibawa 20Gt nelayan hanya mencari sesuap nasi,jangan merepotkan

News Feed