oleh

Mendikbud Luncurkan Digitalisasi Sekolah di Natuna

Medako.co.id, Natuna – Dalam lawatannya ke Kabupaten Natuna, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, meluncurkan Sekolah Digital, Rabu siang, 18 September 2019.
Peluncuran Sekolah Digital dilaksanakan di gedung Sri Serindit, Ranai. Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol tablet. Disaksikan Bupati Natuna Hamid Rizal, Sekjen Kemendikbud, serta tamu undangan lainnya.

Usai peluncuran, Mendikbud melakukan demo pemanfaatan Sekolah Digital, kemudian diikuti oleh seluruh siswa yang hadir.

Orang nomor satu di Kemendikbud ini, juga menyaksikan praktik pembelajaran Sekolah Digital melalui tablet. Dilakukan oleh salah seorang perwakilan guru dengan salah satu jenjang siswa (SD/SMP/SMA/SMK).

Seterusnya, dilakukan penyerahan bantuan 8 unit laptop dan 2 buah voucher, oleh Mendikbud kepada PKB, SKB, dan TBM. Dilanjutkan dengan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) secara simbolis.

Selian itu, juga dilaksanakan penyerahan SK pusat sumber belajar program PKP berbasis zonasi, dari Bupati kepada 3 sekolah terpilih (2 SD dan 1 SMP).

IMG 20190919 011317
Penyerahan simbolis kartu indonesia pintar kepada pelajar Natuna

Dalam sambutannya, Muhadjir Effendy mengatakan, peluncuran program digitalisasi sekolah dilaksanakan di Natuna, sudah dipertimbangkan secara matang-matang. Salah satunya mengingat Natuna daerah terluar dan kaya potensi.

Dengan dilaunchingnya di Natuna, ia berharap Kabupaten Natuna dapat menjadi contoh bagi daerah lain, bagaimana memanfaatkan program ini sebaik-baiknya.

“Karena digitalisasi sekolah ini diluncurkan di Natuna, saya berharap Natuna dapat menjadi contoh bagi kabupaten lain. Bagaimana memanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan dunia pendidikan”.

Ia juga berharap kepada tenaga pendidik, agar menjadikan teknologi digitaliasi sekolah untuk memudahkan proses belajar mengajar dan memintarkan peserta didik.
Bupati Natuna, Hamid Rizal mengapresiasi Menteri dan seluruh jajarannya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena telah menentukan Natuna sebagai lokasi lounching.

“Kami senang sekali jadi tempat lounching program pendidikan nasional ini. Kami yang berada jauh dari ibu kota ini merasa diperhatikan,” kata Bupati Hamid.

Di lain sisi, ia juga meminta agar pemerintah pusat lebih memperhatikan lagi sektor pendidikan di Natuna.

“Karena di tempat kami ini masih ada sejumlah wilayah yang masih memiliki sarana pendidikan yang masih minim. Sarana akses pendidikan seperti jalan, jaringan internet, komputer dan lainnya masih banyak yang kurang lengkap. Mudah-mudahan dengan kedatangan pak Menteri, sektor pendidikan di Natuna dapat lebih maju lagi,” harapnya.

Selain ratusan siswa dan guru, acara itu juga dihadiri oleh seluruh unsur FKPD, OPD Natuna dan sejumlah tokoh pendidikan.

Pada kesempatan itu, Mendikbud juga menyaksikan langsung pencairan Dana Kertu Indonesia Pintar yang diterima oleh pelajar Natuna. Disela melihat pencairan dana Kartu Indonesia Pintar Mendikbud, Muhadjir Effendi juga sempat berbincang dan bercekrama dengan pelajar di Natuna. (Red)

Editir : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed