oleh

Masyarakat Kepri Tanda Tangani Pernyataan Sikap Hasil Pemilu

MEDAKO.CO.ID, Kepri- Gubernur Kepri, Nurdin Basirun didampingi Wakil Gubernur Isdianto membuka syukuran atas terselenggaranya pemilu secara aman, damai dan tertib. Syukuran disejalankan doa bersama menyambut Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah. Acara digelar di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Sabtu, 4 April 2019.

Nurdin mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan adalah bentuk bersyukur kepada Allah SWT yang telah melewati pekerjaan besar yaitu pesta demokrasi, yang dengan sejalankan menyambut datangnya bulan penuh berkah Ramadhan 1440 H.

“Sebagai manusia kita semua haruslah mensyukuri apa yang telah Allah ijabahkan, dan sangat berkepentingan untuk senantiasa ingat kepada Allah. Apalagi kita masih diberikan kesehatan untuk menjalankan puasa satu hari mendatang oleh karena itu perlu bersyukur dengan bersilaturahmi antara kita,” ujar Nurdin.

Nurdin menghimbau kepada masyarakat khususnya umat muslim yang berada di Kepulauan Riau tidak melewatkan kesempatan Ramadhan yang penuh berkah dengan memperbanyak ibadah baik sholat sunnah maupun membaca Al-Quran.

“Mari kita isi sholat malam dan baca Al-quran dibulan puasa agar dibersihkan dari segala dosa selama 11 bulan yang lalu dan menjadi suci kembali saat Idul Fitri nanti,” lanjutnya.

Nurdin juga berharap Allah memberikan kesehatan dan kekuatan kepada semua masyarakat untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Dan tidak lupa kepada segenap masyarakat yang hadir Gubernur atas nama Pemerintah dan pribadi mengucapkan permohonan maaf atas kesalahan dan kekhilafan.

“Marhaban ya Ramadhan, Agar ibadah yang kita laksanakan dibulan Ramadhan menjadi sempurna, izinkan kami menyampaikan ucapan mohon maaf lahir bathin dari segala perbuatan yang disengaja maupun tidak disengaja,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda Irjen Pol Andap mengapresiasi seluruh masyarakat Kepri atas kebersamaan yang terlajin sehingga pemilu terlaksana dengan baik, penuh rasa memiliki, kerja keras dan kedewasaan masyarakat Kepri yang menerima sebagai ini pembangunan bersama kedepan nya.

Sebanyak 5.400 TPS yang berada di Kepri ini hampir semuanya aman dan terkendali, maka bila terjadi sesuatu hal laporkan sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku.

“1 polisi, 1 ketua kpps dan 2 linmas sangat prihatin dan semua ini sebagai pwmbelajaran agar kedepan lebih baik lagi, dengan pembelajaran ini jadikan sosial di masyarakat sebagai pengalaman-pengalaman di belakang hari,” Ujar Andap.

Andap melanjutkan bahwa sebagai dinamika ada 22 masalah dalam pemilu, 3 yang sudah proses. Ini menjadikan pendewasaan masyarkat kepri menerima pemilu serentak ini sebagai wujud maju nya pembanguanan di kepri.

Kemudian, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadilah menerangkan dengan rasa syukur melaksanakan hajatan besar nasional yaitu Pemilu Serentak 2019, secara bahu membahu bekerja. Bukan saja suka yang diterima tapi duka juga yang terjadi di nasional yang mana berjumlah 300an yang meninggal.

“Pemilu ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2019. Begitu juga dengan pekerjaan ini adalah besar dan berat sehingga banyak petugas penyelenggara Pemilu meninggal dunia karena kelehan,” terang Arif.

Dalam pelaksanaan pemilu serentak yang aman, dan dipendang perlu pemerintah memberi apreasiasi rasa syukur telah melaksanakan nya besama-sama dan saling bersinergi. Dan diberi keberkahan dalam menjalankan amal ibadah di bulan suci ramadhan besok nya.

“Kita sangat berterima kasih kepada TKN dan BPN bersama KPU dan Bawaslu dukungan TNI POLRI beserta seluruh unsur elemen masyarakat Kepuluan Riau yang telah bahu membahu bersama, dan agar tenang menjalankan dalam menyambut bulan puasa,” tambah Arif.

Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan dalam menyambut bulan puasa ini agar tingkatkan jalinan ukhuwah keseluruh komponen yang telah bekerja keras yang menjadi pahlawan demokrasi. Jadikan satu persatuan tekad bersama dan bersatu pada biarpun pilihan 01 atau 02.

“Ini lah wujud kepri untuk bersama meraih kemenangan, ini lah wadah nasib sepenanggungan dan perjuangan jadikan erat persatuan karna 01 dan 02 telah selesai dengan menggu berita resmi dari KPU, maka rasa persaudaaran lah yang menjadi lanjutan kedepan nya untuk kepri lebih maju,” kata Syahrul.

Lebih lanjut, Ketua Tim pemenangan TKN Surya Respationo mengatakan saat politik membuat perbedaan semua, tetapi persaudaraan membuat perbedaan menjadikan kebersamaan dalam persatuan NKRI di Kepri.

Surya juga mengapreasiasi KPU Bawaslu dan TNI POLRI yang telah melaksanakan bersama sampi pelaksanaan pemilu lancar aman dan tertib, dan begitu juga dengan para partai politik yang telah berkomitmen bersama.

Acara disejalankan dengan penandatandatanganan seluruh Partai dan pembacaan pernyataan sikap peserta pemilu dan seluruh komponen masyarakat kepri, dengan ini menyatakan:
1. Mengapreasiasi atas terselenggaranya pemilu 2019 di kepulauan riau aman, damai dan sejuk;
2. Menolak segala tindakan yang inskontitusional dalam bentuk apa punyang dapat merugikan para pihak peserta pemilu; 3. Apabila terjadi permasalahan, kami akan menyelesaikan sesuai mekanisme peraturan perundang undangan yang berlaku;
4. Sepakat menunggu dan menghormati hasil keputusan KPU Repulik Indonesia pernyataan ini dibuat sebenarnya dengan penuh rasa tanggung jawab didasari rasa memiliki terhadap negara kesatuan Republik Indonesia, bunda tanah melayu dan negeri segantang lada yang kita cintai bersama.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Danlanud RHF Kolonel Pnb Elistar Silaen, Sekretaris Daerah T.S Arif Fadilah, Anggota DPRD Kepri, ASN, Jajaran TNI dan Polri, Ketua dan anggota Partai Politik, Tokoh agama dan ratusan masyarakat Tanjungpinang.

Reporter: Lukman Hasim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed