oleh

Lingga-Tanjung Jabung Timur Patungan Rombak Berhala

-Headline, Wisata-514 views

MEDAKO.CO.ID, Lingga- Pemkab Lingga dan Pemkab Tanjung Jabung Timur patungan membenahi wisata Pulau Berhala. Pulau di Kecamatan Singkep Selatan yang terkenal keindahan alam dan pantainya ini direncanakan direnovasi triwulan kedua nanti.

Pemkab Lingga melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menganggarkan Rp 2 Miliar untuk membangun rupa-rupa fasilitas. Tanjung Jabung Timur yang kebagian tugas membuka akses jalan dan membangun pelabuhan, menyiapkan duit Rp 3 Miliar.

Kepala Bidang Destinasi dan Jasa Pariwisata, Zalmidri mengatakan menata wisata Pulau Berhala agenda prioritas. “Sesuai keinginan Pak Bupati waktu MoU dengan Pemkab Tanjung Jabung Timur kemarin. Menata Pulau Berhala sudah kita anggarkan tahun 2018 ini,” kata Zalmidri, Kamis (8 Maret 2018).

Merombak tampilan Pulau Berhala tidak murah. Duit patungan Lingga dan Tanjung Jabung Timur saja tak cukup. Kedua pihak sepakat melibatkan swasta. Sayang Zalmidri tidak tahu siapa dan berapa fulus yang dikucurkan swasta tersebut.

“Kalau swasta kita belum tahu. Karena dalam waktu dekat, rencananya kita ada pertemuan lagi di Jakarta,” katanya.

Proses penataan pulau yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi ini sekarang dalam tahap perencanaan. Pada rencana tersebut tercantum sejumlah fasilitas yang perlu “sentuhan” utama.  Di antaranya gerbang masuk, penataan gazebo, taman, ruang pemungutan retribusi tiket, dan mushala.

Kendati belum tertata maksimal, Zalmidri mengklaim kunjungan wisatawan ke Berhala lumayan banyak. Apalagi jika nanti selesai disolek, ia yakin, kunjungan meningkat.

Sumber: MC
Editor: Sudirman

News Feed