oleh

Kepri Peringkat Ketiga Destinasi Wisata Halal Versi IMTI

MEDAKO.CO.ID, Kepri- Untuk pertama kalinya Provinsi Riau dan Provinsi Kepri berhasil meraih Peringkat Ketiga sebagai Destinasi Wisata Halal Indonesia 2019 dari 16 Destinasi wisata Provinsi/ kabupaten/ kota di Indonesia melalui standar Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019 yang mengacu pada standar Global Muslim Travel Index (GMTI). Yang mana di tahun 2018 lalu menduduki peringkat 7 dari 10 destinasi halal.

Peringkat Pertama diraih oleh Lombok Provinsi NTB. Sementara, untuk Peringkat Kedua oleh Provinsi Aceh, serta Keempat dan Kelima masing-masing diraih oleh DKI Jakarta dan Sumatera Barat.

Peringkat ini diumumkan oleh CEO Crescent Rating dan Halal Trip, Fazal Bahardeen di Gedung Kementerian Pariwisata Indonesia, Senin, 8 April 2019.

Standar IMTI mengadopsi 4 kriteria GMTI yang meliputi: 1. Access, 2. Communication, 3. Environment, dan 4. Services (ACES), dimana masing-masing kriteria tersebut memiliki 3 komponen penting lainnya yang akan menentukan sebuah daerah terpilih sebagai destinasi wisata halal nasional dan internasional.

Penyerahan Anugerah IMTI 2019 diserahkan oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya pada acara Wonderful Indonesia Halal Tourism Meeting and Conference (WIHTMC) di Bina Karna Auditorium – Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta, Selasa, 9 April 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar menyatakan bahwa keberhasilan provinsi Kepri menduduki Peringkat III sebagai capaian bersama dalam memajukan industri pariwisata di Kepri meliputi Kota Tanjungpinang, Kota Batam dan Kabupaten Bintan yang saling bersinergi.

“Keberhasilan meraih Peringkat llI sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan Indonesia 2019 dicapai tidak terlepas dari peran Provinsi Riau yang terus bergeliat memajukan pariwisata halal dengan membuat inovasi-inovasi di konten atraksinya. Seperti Festival Sunah Triathlion tentu saja akan memperkuat positioning Riau dan Kepri sebagai destinasi wisata halal yang layak dikunjungi oleh wisatawan, sekaligus menjadi penyemangat untuk tampil lebih percaya diri dan bersaing dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia, khususnya dan dunia umumnya, ” katanya.

Provinsi Riau dan Kepri merupakan satu paket destinasi wisata yang saling menunjang satu sama lainnya. Dimana provinsi Riau untuk target wisatawan domestik dan Provinsi Kepri untuk wisatawan mancanegara terutama daerah crossborder Malaysia dan Singapura.

Asisten 2 Ekonomi dan Pembangunan Pemko Tanjungpinang, Irwan menambahkan, untuk menjadi pemain global harus menggunakan global standar. Semoga pelaku industri pariwisata Kepri khususnya Kota Tanjungpinang terus bekerja keras lagi untuk bisa meraih Peringkat tahun 2020.

Adapun Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Disbudpar Kota Tanjungpinang, Maswito mengatakan keberhasilan ini adalah keberhasilan bersama dan perlu dipertahankan untuk tampil lebih baik.

“Kita bangga karena ini adalah capaian kita bersama dalam memajukan industri pariwisata Kepri, khususnya kerjasama Pemerintah Kota Tanjungpinang, Pemerintah Kota Batam, dan Pemkab Bintan serta stakeholder terkait, pelaku industri pariwisata Kepri, komunitas media sosial, GenPI Kepri, Genpi Tanjungpinang dan masyarakat Tanjungpinang secara keseluruhan yang selama ini semakin bersinerji dalam mempromosikan Kepri sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman, menawan dan halal, ” sebut Asisten Ekbang didampingi Kabid Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Kota Tanjungpinang.

Maswito menyebutkan, persiapan teknis dan evaluasi kelemahan lainnya perlu dilakukan dalam rangka memaksimalkan industri pariwisata halal Kepri, seperti penyiapan perda Wisata Halal, FGD Wisata Halal, sarana prasarana, sertifikasi usaha berbasis halal, standarisasi produk wisata halal, dll sesuai standar IMTI dan GMT, agar Destinasi Wisata Halal Kepri tidak hanya sekedar jargon, tapi dapat dirasakan pengalaman langsung berwisata di Kepri dengan semangat wisata halalnya.

Reporter: Danil Siswandi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed