oleh

Kebakaran Lahan Gambut Berpotensi Mengganggu Aktivitas Penerbangan di Bandara Letung

Medako.co.id, Natuna – Kebakaran lahan gambut kembali terjadi Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Provinsi Kepulauan Riau. Kali ini kebakaran melahap lahan gambut di perbatasan Desa Mapok dan Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur, Selasa 26 Maret 2019.

Kebakaran terjadi akibat kemarau panjang dan panasnya terik matahari. yang melanda kawasan tersebut.

Danramil 04/Letung Kapten Inf Janner Aruan kepada medako.co.id menyampaikan kebakaran lahan gambut diperbatasan Desa Mapok dan Desa Bukit Padi telah meluas membakar belasan hektar lahan. Dampak dari kebakaran tersebut juga berpotensi menggangu penerbangan di Bandara Letung, karena lahan yang terbakar sangat dekat dengan bandara.

Dijelaskan Kapten Inf Janner Aruan, untuk menghambat perluasan penyebaran api dilahan yang terbakar, telah dilakukan upaya pemadaman bersama warga.

“Kami telah berupaya melakukukan pemadaman api, menggunakan peralatan selang dengan menyedot air dari parit didekat lokasi kebakaran. Namun karena peralatan dan persediaan air sangat terbatas sehingga tidak bisa berbuat banyak,”ujarnya.

Sampai saat ini, tambah Kapten Inf Janner Aruan kebakaran lahan gambut masih terjadi, rencana besok akan didatangkan alat berat untuk menggali kantong-kantong sumur dilokasi kebakaran guna mendapat persediaan air cukup untuk pemadaman api.

“Upaya pemadaman api terus kita lakukan, nanti juga akan kita datangkan alat berat untuk menggali sumber-sumber air yang bisa digunakan untuk memadam api,”jelasnya. (Red).

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed