oleh

Iyeth Meriahkan Kenduri Seni Melayu

MEDAKO.CO.ID, Batam– Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengundang masyarakat menghadiri Kenduri Seni Melayu (KSM) 2018. KSM ke-20 ini digelar di Dataran Engku Putri Batam Centre, 1-3 November. Undangan disampaikan Rudi secara lisan dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

“Pembukaan Kamis malam, setelah isya,” katanya di Patam Lestari, Minggu, 28 Oktober 2018.

Pemko Batam secara khusus mengundang artis Ibu Kota Iyeth Bustami. “Iyeth ini bagian dari kita juga, melayu,” ujar Rudi.

KSM merupakan acara pembuka dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Batam ke-189. Hari Jadi Kota Batam diperingati setiap 18 Desember.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan selain penampilan Iyeth, penitia juga menggelar pentas seni melayu serumpun, sastra melayu, prosesi adat melayu dan permainan anak melayu.

“Pentas seninya seperti joget lambak. Kemudian penampilan baca puisi dan pantun khas melayu. Diikuti pelaku seni dan budaya dari negeri serumpun, Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand,” kata Ardi.

Adapun permainan tradisional yang akan memeriahkan KSM 2018, gasing. Sekitar 1.000 gasing yang akan dimainkan anak-anak sekolah di Jalan Engku Putri, depan Kantor Wali Kota Batam, Jumat siang, 2 November.

KSM kali ini juga akan dimeriahkan pameran Batik Batam. Beragam motif dan corak akan ditampilkan pada pameran ini.

Juga ada pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diikuti sekitar 200 pelaku UMKM. “Untuk pameran UMKM ini bekerja sama dengan komunitas Tangan di Atas (TDA),” ujar Ardi.

Reporter: Umi Nur

News Feed