oleh

Hadiri KTT G-20 di Osaka – Jepang, Bupati Natuna Promosi Dua Potensi Unggulan

Medako.co.id,Natuna – Bupati Natuna Hamid Rizal kembali mendapat undangan kehormatan dari luar negeri. Kali ini ia diundang khusus mewakili Pemkab Natuna, sebagai salah satu pembicara dalam acara Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang berlangsung di Osaka Jepang.

IMG 20190621 WA0021
Sekda Natuna, Wan Siswandi ketika memberi keterangan pers kepada wartawan

Menurut keterangan Sekda Natuna, Wan Siswandi kepada awak media Jum’at pagi 21 Juni 2019 di Bukit Arai, keberangkatan rombongan Pemda Kabupaten Natuna ke Jepang merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Pemerintah Jepang ke Natuna beberapa waktu lalu.

Dikatakan Sekda, undangan ke Jepang merupakan sebuah kesempatan dan penghargaan besar bagi daerah mengingat dari seluruh daerah di Indonesia hanya Natuna dan Morotai yang diundang untuk dapat memaparkan potensi daerah dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang kebetulan kali ini Jepang menjadi tuan rumah penyelenggara.

IMG 20190621 WA0016

IMG 20190621 WA0015

Kegiatan tersebut, terang Siswandi akan diselenggarakan pula “Side Event” berupa forum bisnis yang difokuskan untuk mendorong promosi perdagangan, investasi dan pariwisata di Indonesia oleh KJRI Osaka.

Untuk menindak lanjuti rencana pengembangan kawasan ekonomi daerah, Wan Siswandi juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah akan melakukan pembebasan lahan tidak jauh dari lokasi Pasar Ranai saat ini, dimana lokasi tersebut rencananya akan dibangun Pasar Modern yang merupakan program kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan RI senilai Rp100 milyar.

“Nanti di Jepang, Pak Bupati Natuna akan memaparkan dua potensi unggulan daerah saat ini, yaitu Pariwisata dan Perikanan. Potensi ini dirasa memiliki peluang strategis untuk mendukung berbagai sektor yang ada di Natuna. Seperti upaya peningkatan ekspor produksi Indonesia ke Jepang, promosi terhadap realisasi investasi serta berupaya untuk membuka peluang tenaga kerja Indonesia ke Jepang,”terangnya.

Sekda berharap, segala upaya yang dilakukan saat ini tidak lain agar kedepan dua sektor unggulan diatas mampu menopang pembangunan melalui Pendapatan Asli Daerah, mengingat saat ini kewenangan terhadap pengelolaan Migas sudah menjadi kewenangan Provinsi Kepri.

Adapun kegiatan yang digelar di Osaka Central Publik Hall tersebut akan diselenggarakan pada Rabu (26/6) mendatang, sedangkan kegiatan Indonesia Japan Bussines Forum (IJBF) nantinya akan digelar selama dua hari berupa seminar yang menghadirkan beberapa pejabat pemerintahan dari Indonesia sebagai Narasumber.

Turut hadir dalam mendampingi Bupati Natuna kali ini diantaranya, Kepala Dinas Pariwisata, Hardinansyah, Kepala Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Satu Pintu, Indra Joni, Kepala DInas Perindustrian dan Perdagangan, Agus Supardi, Kepala Dinas Perikanan, Zakimin, Kasubag Protokoler Defrizal, dan Kasubag Antar Lembaga, Ronnie Indra. (Red)

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed