oleh

Gubernur Kepri Buka Festival Pulau Senua 2019

Medako.co.id, Natuna-Pemerintah Kabupaten Natuna dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kembali menggelar Festival Pulau Senua untuk yang ke-4 kalinya pada Minggu pagi (16/06) di Pulau Senua Desa Sepempang Natuna.

Festival Pulau Senua merupakan event tahunan yang masuk ke dalam kalender Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau yang selalu di laksanakan di setiap tahun.

Dalam sambutannya Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun S.sos,.M.Si menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat Natuna melalui Festival Pulau Senua ini agar selalu menjaga kebersihan laut.
Menurutnya Natuna dengan luas wilayah yang di dominasi oleh laut akan sangat mempengaruhi perekonomian bila laut tercemar dan banyak terdapat sampah.

Kelalaian harus kita hindari dimulai dari sekarang agar imbasnya tidak sampai mempengaruhi kehidupan anak cucu kita kedepannya nanti.

“Selain itu jika banyak sampah di laut kita maka para turis pun akan enggan ke Natuna, jika itu terjadi bagaiman kita akan mempromosikan wisata kita ke dunia” tuturnya.

Lanjut Nurdin wisata bahari di Natuna memiliki potensi yang begitu besar oleh karenanya Nurdin berharap agar singeritas antara Pemprov Kepri dan Pemda Natuna terus terjaga dan berlanjut kedepannya agar pembangunan dan pengembangan wisata sektor bahari di Natuna dapat di bangun dan di kembangkan sampai mendunia. Nurdin juga berharap agar pelaksanaan Festival pulau Senua dari tahun ke tahun lebih meriah dan lebih baik.

“Peningkatan harus kita laksanakan untuk event-event kedepannya, sehingga apa yang kita lakukan tidak hanya berjalan di tempat tetapi terus mengalami peningkatan agar Natuna lebih maju” jelasnya.

Sedangkan Sekda Natuna Wan Siswandi dalam sambutannya mengatakan Natuna selain di jadikan sebagai daerah pertahanan, Daerah perikanan, pariwisata, migas dan lingkungan hidup. Dari 5 potensi di atas yang bisa di kelola oleh Pemda hanya sektor perikanan dan sektor pariwisata.

“Terkait sektor wisata sinegritas dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemda sangat di perlukan dan sudah di wujudkan melalui pelaksanaan Festival Pulau Senua ini,”tutur Wansis.

Lanjut Wan Siswandi perhatian dari Pemerintah Provinsi terhadap Natuna sangat besar hal ini terlihat dari pembangunan yang di laksanakan oleh Pemprov Kepri yang tidak hanya meliputi infrastruktur saja tetapi juga di semua bidang.

“Kami Pemerintah Kabupaten Natuna sangat berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kepri atas dukungan yang di berikan sehingga Festival Pulau Senua dapat dilaksanakan dengan baik dan kami juga berharap dukungan dari Pemprov Kepri terus berlanjut sehingga mampu menunjang kemajuan Natuna” tutup Wansis.

Masih dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna Hardinansyah dalam laporannya mengatakan pulau Senua merupakan salah satu dan delapan Geosite Geopark Kabupaten Natuna yang telah di tetapkan pada tanggal 29 November 2018 lalu.

Delapan kawasan Geopark yang ada di Natuna sedang dalam pengajuan untuk menjadi Global Geopark Unesco.

“Ini merupakan prestasi yang besar jika Geopark kita menjadi Geopark Unesco oleh karenya saya berharap Pemerintah Pusat dan Pemprov terus memberikan dukungannya agar hal ini dapat terealiasasi” pintanya.

Festival Pulau Senua kali ini juga bertepatan dengan Event Rally Yatch to Natuna yang dilaksanakan pada 10-15 juni 2019 lalu.

Lanjut Hardinansyah adapun tujuan dilaksanakan Festival Pulau Senua ini adalah agar pariwisata di Natuna dapat terus tumbuh dan berkembang baik dari segi kuantitas maupun kualitas kunjungan baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara.

Menurut Hardinansyah untuk pengunjung yang hadir pada Event kali ini meningkat dengan signifikan dimana pada tahun lalu pengungung mencapai 6-7 ribu jiwa sedangkan pada tahun ini pengunjung ditaksir mencapai 10 ribu.

“Untuk tahun depan kita akan menggabungkan dua event yakni Rally Yatch to Natuna dan Festival Pulau Senua hal ini kita lakukan agar kunjungan dari wisatawan akan lebih meningkat” jelasnya.

Lanjut Hardinansyah, adapun anggaran pelaksanaan event ini melalui sharing dari pagu anggaran Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna dengan perbandingan 3 berbanding 1.

“Satu dari anggaran Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna dan tiga dari Dinas Pariwisata Provinsi Kepulaun Riau,”tutup Hardinansyah.(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed