oleh

Gandeng SKK Migas, Pemkab Natuna Gelar Pelatihan Jurnalis Pekan Depan

Medako.co.id, Natuna – Pemerintah Kabupaten Natuna, melalui Bagian Humas dan Protokoler telah mengagendakan pelatihan Jurnalis bagi wartawan Natuna yang akan berlangsung pada tanggal 22 Oktober 2019 pekan depan.

Kegiatan pelatihan jurnalis ini, terselenggara atas dukungan dan kerja sama antara Pemkab Natuna dengan SKK Migas Sumbagut dan KKKS migas yang beroperasi di wilayah Kabupaten Natuna (Medco Energi, Premier Oil dan Star Energy) melalui Dana CSR.

Kepala Bagian Humas Pemkab Natuna, Bukhari menyampaikan tujuan pihaknya mengadakan pelatihan jurnalis untuk peningkatan kualitas penulisan dan peliputan. Dengan mengahdirkan narasumber dari Dewan Pers.

“Kegiatan ini kita buat dari kita dan untuk kita. Kami tidak bermaksud menguji kemampuan rekan-rekan dalam penulisan melalui pelatihan Jurnalis, namun ini lebih untuk menambah ilmu dan rasa kebersamaan,’ujar Bukhari ketika rapat koordinasi dengan wartawan Natuna, Selasa pagi 15 Oktober 2019 di ruang rapat Kantor Bupati Natuna Bukit Arai.

Bukhari menambahkan, bahwa dirinya tidak meragukan kualitas rekan-rekan jurnalis di Natuna. Sebab hampir 80 persen wartawan Natuna telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) diberbagai jenjang, baik muda, madya dan utama.

“Saya rasa tidak ada salahnya, kita menggelar pelatihan Jurnalis, selagi ada yang mendukung disisi anggaran. Sebab dalam pelatihan nanti, kita akan mengulang kembali pelajaran-pelajaran dan teknik penulisan berita dengan narasumber dari Dewan Pers. Mungkin ada pelajaran dan teknis penulisan yang kita lupa, kita sama-sama mengulang pelajaran melalui pelatihan nanti,”tambahnya.

Ia juga berharap kegiatan pelatihan jurnalis dengan dukungan dana CRS dari perusahaan migas ini, mendapat respon positif dari insan pers Natuna. Sehingga kegiatan ini bisa berjalan sukses dan pihak penyelenggara tidak merasa kecewa.

“Kami dari humas sangat mengaharap dukungan, dan kehadiran rekan-rekan media dalam kegiatan pelatihan nanti, sebab ini untuk menambah wawasan kita bidang jurnalis,”

Sebagai bocoran, Bukhari juga menyampaikan bagi para jurnalis yang mendapat nilai terbaik dalam pelatihan akan diberikan rewod oleh panitia penyelenggara.

Berdasarkan jadwal, kegiatan pelatihan Wartawan Kabupaten Natuna tahun 2019 akan berlangsung di Natuna Hotel Ranai Darat dan penutupan di RM Sisi Basisir Ranai.

Materi yang akan dibahas dalam pelatihan meliputi, Hukum, Etika dan Rambu Komunikasi. Terdiri dari, Undang- undang Pers, Undang-undang ITE dan Kode Etik Jurnalis.

Disamping itu, juga akan diadakan pelatihan teknik penulisan Feature, Opini dan Tajuk Rencana serta dasar-dasar penulisan berita Online. (Red)

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed