oleh

Danlanal Ranai Pimpin Upacara Sertijab Empat Danposal

Medako.co.id, Natuna –Komandan Pangkalan TNI AL Ranai (Danlanal) Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E. memimpin langsung upacara Serah Terima Empat Jabatan Komandan Pos TNI AL (Danposal) di bawah jajaran Lanal Ranai, pada hari Jum’at 05 Juni 2019 pukul 08.00Win

Sertijab Komandan POS TNI AL (Danposal) digelar dengan upacara militer tersebut dilaksanakan di lapangan apel Markas Komando Lanal Ranai, dihadiri Pjs. Palaksa Lanal Ranai, para Perwira dan seluruh Bintara Tamtama Lanal Ranai serta Kompi Komposit Marinir Setengar.

IMG 20190705 WA0152
Danlanal Ranai ketika memimpin upacara sertijab Danposal

Seluruh jabatan Danposal jajaran Lanal Ranai diserahterimakan, Komandan Posal Sabang Mawang diserahterimakan dari Letda Laut (P) Guruh Wibowo kepada Letda Laut (S) Budi Utomo, S.Kom, jabatan Komandan Posal Pulau Laut Letda Laut (S) Budi Utomo ,S.Kom diserahterimakan kepada Letda Laut (P) Guruh Wibowo. Jabatan Komandan Posal Midai dari Serma Saa Tri Sujatmiko diserahterimakan kepada Letda Laut (P) Imam Mardi S, S.Pd. Jabatan Komandan Posal Sedanau dari Peltu Lis S. Simarmata kepada Peltu Pom Zulkifli Sembiring. Serta pengukuhan Komandan Posal Penagi Letda Laut (P) Susetyo Budi dan pengukuhan Kafaslabuh Selat Lampa Lanal Ranai Lettu Laut (KH) Setiyo Widodo.

Dalam sambutannya, Komandan Pangkalan TNI AL Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, SE menyampaikan serah terima jabatan di lingkungan TNI AL adalah merupakan hal yang wajar, serah terima jabatan dimaksudkan untuk merefres atau memberi suasana baru bagi organisasi suatu satuan serta manifestasi dari ” Tour Of Area “, sehingga tugas dan tanggung jawab dapat dilaksanakan secara optimal.

Selain itu pula serah terima jabatan untuk memberi kesempatan kepada prajurit TNI AL untuk mengembangkan karir dan kemampuan diri yang dihadapkan dengan tugas pelaksanaannya dan tantangan yang semakin kompleks.

IMG 20190705 WA0150
Upacara Sertijab Danposal

Oleh karena itu, diharapkan dapat membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan roda organisasi serta memberikan perubahan gairah semangat untuk terus maju pada masing-masing personil dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dari waktu ke waktu.

“Kepada para Danposal yang lama saya secara pribadi mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas tugas dan pengabdian selama ini yang telah berjalan dengan baik,”ucap Danlanal.

Selanjutnya untuk para Danposal yang baru, selamat menjalankan tugas semoga dapat melaksabakan tugas dgn penuh rasa tanggung jawab.

Lebih jauh Komandan Lanal Ranai menyampaikan Posal Penagi, Posal Sabang Mawang, Posal Sedanau, Posal Pulau Laut dan Posal Midai merupakan salah satu bagian dari mata dan telinganya Lanal Ranai.

Sesuai dengan tugas pokoknya TNI AL, dalam hal ini Lanal Ranai selain mempunyai tugas pokok wilayah pertahanan laut, juga sekaligus melaksanakan pembinaan potensi maritim serta melaksanakan ops perairan terbatas.

Sebelum mengakhiri amanatnya, komandan Lanal Ranai menyampaikan beberapa penekanan sesuai arahan Bpk. Panglima Koarmada Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. kepada personil yang akan melaksanakan penugasan di Posal maupun diwilayah perbatasan.

Pertama, Hindari terjadinya penyalahgunaan wewenang dan jabatan dalam melaksanakan tugas pokok dan kewenangan di daerah penugasan.

Kedua, dilarang melakukan kegiatan illegal di laut dan pengawalan/backing serta membantu/melindungi segala bentuk kegiatan illegal yang dapat menimbulkan permasalahan hukum.

Ketiga, tingkatkan sinergitas dengan sesama aparat maupun instansi terkait sebagai upaya meningkatkan soliditas dalam mendukung tugas pokok.

Keempat, menindak tegas oknum personil yang terbukti melakukan pelanggaran hukum dan disiplin seauai prosedur hukum yang berlaku.

Kelima,khusus diwilayahnya yang rentan penyelundupan agar diwaspadai jangan sampai tergalang atau dimanfaatkan oleh oknum tertentu.

Penampilan dan kinerja Pos TNI AL (Posal) merupakan faktor yang akan mewarnai persepsi dan penilaian masyarakat tentang TNI AL, karena Posal itu merupakan ujung tombak dan lini terdepan dari struktur Pangkalan TNI AL yang langsung berhubungan dengan dinamika kehidupan masyarakat di daerah. (Red)

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed