oleh

Danlanal Ranai Kukuhkan Pramuka Saka Bahari

Medako.co.id, Natuna – Ketua Pembina Satuan Pramuka Bahari Lanal Ranai yang juga merupakan Komandan Pangkalan TNI AL Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E. memimpin Upacara Pengukuhan Saka Bahari dan Pembukaan Perkemahan Sabtu (Persami), bertempat di Lapangan Apel Lanal Ranai, Sabtu 28 September 2019 pukul 16.00 WIB.

Satuan Karya (Saka) Bahari adalah wadah bagi pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian termasuk laut dan perairan dalam.

Adapun peserta yang mengikuti Persami sebanyak 48 siswa terdiri dari 16 siswa dari SMKN 1 Bunguran Timur dan 32 siswa dari SMAN 1 Bunguran Timur Laut.

Dalam amanatnya, Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E menyampaikan rasa kebahagiannya selaku Kamabi Bahari Lanal Ranai dan sekaligus juga mengingatkan kepada diri kita semua untuk senantiasa tetap semangat diiringi rasa bahagia dalam menerima nikmat Tuhan yang diberikan kepada kita semua untuk melaksanakan tugas pembinaan pemuda pemudi bahari di wilayah kerja Lanal Ranai.

“Negara kita adalah negara kepulauan dengan dua pertiga wilayahnya merupakan laut, maka getakan pramuka merupakan salah satu kegiatan kepudaan yang dapat menanamkan dan menumbuh kembangkan rasa cinta dan sikap hidup para pemuda pemudi Indonesia yang berorientasi ke laut serta berjiwa bahari,”ungkap Danlanal.

IMG 20190928 WA0067

Seperti kita ketahui bersama bahwa Gerakan Pramuka juga sudah menjadi program wajib Dinas Pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah dimulai dari tingkat Siaga sampai Penegak. Dari sinilah Lanal Ranai mengawali peran melalui Staf Potensi Maritim (Potmar) dengan membina generasi muda melalui Gerakan Pramuka Saka Bahari.

Saka Bahari sendiri mempunyai fungsi antara lain sebagai wadah pendidikan dan pembinaan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan di bidang kebaharian serta sebagai sarana melaksanakan bhakti kepada masyarakat bangsa dan negara.

Saka Bahari Pangkalan TNI AL Ranai adalah Pembina Saka Bahari Kwartir Cabang Natuna serta mempunyai Krida yaitu Krida Sumber Daya Bahari, Jasa Bahari, Wisata Bahari dan Reksa Bahari.

Dalam kegiatan perkemahan ini akan dilaksanakan kegiatan selama dua hari yaitu hari Sabtu dan minggu antara lain pengenalan pengetahuan kebaharian dengan harapan agar para peserta dapat belajar dan berlatih dengan maksimal sehingga apa yang akan diperoleh selama perkemahan dapat menjadi pedoman sebagai bahan acuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan kebaharian dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Kedepannya Saka Bahari ini merupakan cikal bakal Pandu Laut di Natuna, Pandu Laut adalah Organisasi yang menjadi wadah bagi para komunitas pecinta laut, Organisasi ini di resmikan oleh Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti pada tanggal 10 Juli 2018.

Nantinya seluruh anggota Pandu Laut Nusantara ini akan secara kolaboratif dan berupaya melindungi laut, mereka juga diharapkan dapat bekerja sama dengan masyarakat sekitar dan pemangku kepentingan perikanan nasional. (Rls)

Editor : Papi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed