oleh

Capaian Imunisasi MR Tanjungpinang Tertinggi

MEDAKO.CO.ID, Tanjungpinang- Wali Kota Tanjungpinang Syahrul minta para kepala sekolah berperan aktif menyampaikan pentingnya imunisasi campak dan rubella. Itu sebabnya para kepala sekolah diminta menguasai informasi mengenai imunisasi tersebut.

“(Agar) Ibu dan Bapak dapat menyampaikan kepada wali murid bahwa dampak campak dan rubella ini sangat bahaya,” katanya pada evaluasi II hasil imunisasi maesles rubella (MR) di Puskesmas Batu 10, Tanjungpinang, Kamis, 27 September 2018.

Imunisasi MR, kata Syahrul, niat baik pemerintah untuk masyarakat lebih sehat. Maka, ia menghimbau seluruh masyarakat mensukseskan.

“Jangan khawatir, semua yang kita lakukan ini untuk generasi di masa mendatang,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam menjelaskan bahwa rubella dan campak penyakit berbahaya yang penyebarannya melalui udara.

“Oleh karena itu Imunisasi MR sangat penting sekali bagi anak-anak,” kata dia.

Adapun vaksin MR yang disuntikkan kepada anak-anak Indonesia dibeli dari India. Rustam memastikan vaksin tersebut telah terverifikasi. Dan telah digunakan di 26 negara Islam, termasuk Malaysia.

Capaian MR di Tanjungpinang tertinggi dari kabupaten dan kota lain di Kepri, yakni 69,3 persen atau 38.828 dari 56.031 jumlah total anak. “Tapi untuk skala nasional masih jauh di bawah,” ujar dia.

Untuk mencapai target nasional, Rustam melanjutkan, perlu ditingkatkan dari sekolah. Karena di sektor ini capaiannya baru 10 persen.

Sumber: Humas
Editor: Sudirman