oleh

Call Center KPK: 198

MEDAKO.CO.ID, Kepri– Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK membuka akses layanan informasi publik atau call center di nomor 198.

Kepala Biro Humas KPK, Febri Diansyah mengatakan call centre tersebut resmi dibuka sejak 2 Januari 2019. KPK memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk menggunakan layanan tersebut selama 12 jam, dimulai pukul pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

“Masyarakat dapat menghubungi nomor tersebut untuk kebutuhan informasi publik berupa informasi gratifikasi, pengaduan masyarakat dan informasi publik lainnya,” kata Febri melalui telpon genggamnya, Kamis, 3 Januari 2018.

Ia berharap dengan call centre ini masyarakat lebih mudah mengakses informasi dari lembaga antirasuah yang, menurut Febri, salah satu upaya KPK melaksanakan amanat Pasal 20 ayat (1) UU KPK dan UU No. 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Nantinya KPK akan mengevaluasi efektifitas layanan informasi tersebut dan akan menambah jam layanan hingga 24 jam. “Secara bertahap. Sesuai kebutuhan,” katanya.

Di hari pertama uji coba hingga pukul 18.00 WIB, sekitar 41 penelponmasuk. “Dari Jabodetabek dan berbagai daerah, seperti Karawang, Padang, Sulawesi Tenggara, Sulawesi tengah, Makassar, Cirebon, Balikpapan, dan Bandung,” ujar Febri.

Untuk kategori permintan informasi, yang paling banyak mengakses layanan call center, yakni soal pengaduan, humas, gratifikasi dan LHKPN.

Repro: Indra Simarmata

News Feed