oleh

Caleg Dapil 3 Deklarasi Kampanye Damai

MEDAKO.CO.ID, Batam– Partai politik dan peserta pemilu di Kecamatan Bulang mendeklarasikan kampanye damai. Deklarasi digelar di Lapangan Kantor Camat Bulang di Pulau Buluh, Kamis, 18 Oktober 2018.

Acara disambut antusias seluruh elemen masyarakat tempatan. Mulai dari Camat, Lurah, Danramil Batam Barat, Polsek, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan jajaran Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Deklarasi ini merupakan simbol komitmen parpol dan para calon anggota legislatif (caleg) untuk tidak melakukan kampanye hitam (black campaign). Serta tidak mengusung isu SARA dan menebar fitnah serta hoax.

Komisioner KPU Kota Batam, Zaki Setiawan mengatakan kegiatan ini penting, mengingat masa kampanye cukup lama, sekitar tujuh bulan, dari 23 September sampai 13 April 2019.

Persaingan antar caleg juga kemungkinan semakin ketat. Sebab, ujar Zaki, jumlah caleg meningkat dibanding pemilu sebelumnya. “Sedangkan jumlah kursi anggota DPRD Batam yang akan diperebutkan tetap,” katanya.

Berdasarkan data KPU Batam, sebanyak 691 caleg memperebutkan 50 kursi DPRD Batam. Sebanyak 104 caleg bertarung di daerah pemilihan 3, meliputi Kecamatan Bulang, Galang, Seibeduk, dan Nongsa. “Ada delapan kursi yang diperebutkan di dapil 3 ini,” ujar Zaki.

KPU, ia melanjutkan, yakin para caleg akan melakukan kampanye santun dan sehat. Mengedepankan gagasan dan program untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. “Sehingga iklim kondusif, sejuk, dan nyaman dapat terwujud di wilayah hinterland ini,” kata dia.

Dan yang cukup menggembirakan, Zaki menambahkan, antusias masyarakat Bulang dan berbagai pihak untuk ikut menyemarakkan gelaran deklarasi damai. Sejumlah anggota Koramil, kepolisian  dari Polsek Batuaji, serta jajaran pegawai Kecamatan hingga para Lurah ikut hadir dan mengikuti kegiatan dengan penuh semangat.

Bahkan Danramil Batam Barat sempat memimpin yel-yel untuk pemilu sejuk dan damai. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan naskah deklarasi dan penandatanganan bersama.

Reporter: Umi Nur