oleh

Bule dari 52 Negara Meriahkan Ironman 70.3

MEDAKO.CO.ID, Bintan- Sebentar lagi Bintan akan diserbu wisatawan asing alias wisman. Para bule berkunjung guna mengikuti kompetisi olahraga triathlon akbar skala internasional: Ironman 70.3.

Pemkab menggandeng MetaSport dan Bintan Resort demi suksesnya olahraga wisata ini. Targetnya seribuan bule turun ke daerah.

Ironman 70.3 Bintan akan dihelat pada 18-19 Agustus 2018. “Sekarang sudah ada 1.160 wisman yang mendaftar,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bintan Lucky Zaiman Prawira dalam konferensi pers yang digelar di kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Juli 2018.

Wisman tersebut datang dari 52 negara. Mereka terdiri atas wisatawan biasa dan atlet profesional yang akan bersama-sama mengikuti kompetisi Ironman 70.3.

“Atlet profesional berjumlah 16 orang, yakni dari Eropa, Australia, dan Amerika,” ujar Nathalie Marquet, CEO MetaSport.

Hingga puncak acaranya nanti, peserta ditargetkan mencapai 1.400-1.500. Sebanyak 300 di antaranya merupakan peserta Ironkids atau peserta anak-anak. Rata-rata peserta berasal dari Singapura (59 persen), Australia (11 persen), Hong Kong (4 persen), Malaysia (2 persen), Amerika Serikat (2 persen), Jepang (2 persen), Indonesia (10 persen), dan lain-lain 10 persen.

Sesuai dengan namanya, Ironman 70.3, peserta (kecuali Ironkids) akan menempuh jarak kompetisi sejauh 70,3 mil atau setara dengan 112,9 kilometer.

Pada etape pertama, peserta akan berenang sejauh 1,9 kilometer. Lalu mereka akan bersepeda sepanjang 90 kilometer dan lari sepanjang tiga lap menjangkau jarak 21 kilometer.

Ironman 70.3 Bintan terpilih sebagai 10 top agenda nasional dalam 100 Calendar of Events. Acara yang tergolong dalam sport tourism atau olahraga wisata ini mampu mendongkrak pertumbuhan angka wisman datang ke Indonesia.

Penyelenggaraan Ironman 70.3 Bintan kali ini digelar di Plaza Lagoi. Para atlet akan melewati sejumlah lansekap dengan sajian alam yang indah selama berkompetisi. Mereka dapat menyaksikan kawasan resor Bintan yang mewah, pantai dengan pasir putih, dan pemandangan dasar laut yang indah saat kompetisi renang.

Editor: Sudirman

News Feed