oleh

Bobby: Kota Lama Warisan yang masih Utuh

MEDAKO.CO.ID, Tanjungpinang- Tokoh masyarakat Tionghoa Tanjungpinang Bobby Jayanto mendukung penuh upaya memugar Kota Lama.

Soalnya, kata dia, di kawasan ini terdapat peninggalan sejarah dan budaya. Pengunjung akan merasa kembali ke masa lampau jika menginjakkan kaki di kawasan tersebut.

“Potensinya banyak. Ada segi historis dan arsitektur. Tinggal diisi kegiatan yang menarik. Keunggulan Kota Lama warisan yang masih utuh,” kata dia kepada Medako melalui pesan percakapan virtual whatsapp, Sabtu siang, 18 Agustus 2018.

Ia mengaku terharu akan besarnya perhatian Wakil Ketua Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Kemenpar RI, Tendi Nuralam.

Dalam kunjungannya tempo hari, Tendi ingin Kota Lama disolek. Dikembangkan jadi destinasi wisata. Dan Kemenpar RI siap mendukung asal daerah serius.

“Ini luar biasa. Saya begitu terharu,” ujar Bobby.

Ia mengaku telah mengusulkan agar Pemko Tanjungpinang mengecat sejumlah bangunan Kota Lama. Ia juga menyampaikan agar kawasan tersebut ditata. Bobby mengaku prihatin. Kota Lama yang kaya sejarah tampak kusam dan kumuh. Namun Pemko mengaku tak punya dana.

“Padahal, dulu, setiap 17 Agustus Kota Lama selalu dicat dan bersih. Cantik sekali,” katanya.

 

Tanjungpinang tempo dulu. (Foto: koleksi Bobby Jayanto)

Ketua Kadin Tanjungpinang ini bersedia dilibatkan dalam memoles Kota Lama. Bobby sepakat, jika ingin menarik kunjungan wisatawan ke suatu kota, kawasan tersebut harus disolek agar menarik minat.

“Ke depan kita bikin kota tua Tanjungpinang ini indah,” ujarnya.

Meski baru pertama menginjakkan kaki di Kota Lama, Wakil Ketua Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Kemenpar RI Tendi Nuralam, mengaku langsung jatuh cinta. Bahkan ia menyampaikan salam khusus kepada Wali Kota Tanjungpinang yang baru, agar memeliharanya.

Kota Lama kini memang terkesan kumuh dan kotor. Padahal kota ini pusat keramaian. “Kita harus kembalikan Kota Lama ke khittahnya. Bersih dan bedelau,” ujar Bobby.

Reporter: Sudirman

News Feed