oleh

Batik Batam Fashion Week Menjangkau Lebih Luas

Batam– Promosi wisata melalui Batik Batam Fashion Week (BBFW) semakin luas jangkauannya. Setelah sukses digelar di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Kepri, BBFW 2019 mulai diperkenalkan ke tingkat nasional.

Pagelaran busana hasil karya perancang Batam ini diadakan dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-47 tingkat Nasional tahun 2019. Agenda tahunan yang dihadiri PKK dari seluruh provinsi di Indonesia ini dilaksanakan di Lapangan RTH Imam Bonjol Kota Padang Provinsi Sumatra Barat, 24-27 Juli.

Koleksi-koleksi busana kreasi dari batik Batam ini tampil di malam ketiga, Jumat (26 Juli 2019). Busana yang ditampilkan merupakan hasil karya perancang berbakat Kota Batam.

Warna cerah menggambarkan kemeriahan budaya melayu. Dan motif menggambarkan biota yang ada di Kota Batam. Seperti ikan marlin, gonggong, dan sebagainya.

“BBFW ini merupakan inisiatif dari Ketua Umum Dekranasda Kota Batam, Ibu Marlin Agustina Rudi. Beliau ingin mempromosikan hasil karya pebatik Batam melalui pagelaran busana yang dilakukan bekerja sama dengan perancang di Kota Batam,” terang Ketua Harian Dekranasda Batam, Ardiwinata.

Pagelaran busana batik Batam ini dimulai dengan roadshow di tingkat kecamatan. Bersama pebatik dan perancang, Dekranasda Batam berkeliling di 12 kecamatan se-Kota Batam sepanjang 2018 lalu.

Dan promosi hasil kerajinan tangan warga Batam ini kemudian mulai dibawa ke tingkat provinsi. Sejak awal 2019, BBFW sudah digelar di tiga lokasi berbeda. Yakni Kabupaten Karimun, Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Bintan.

“Hari ini kita mulai masuk ke tingkat nasional, yang dimulai dari kegiatan HKG PKK. Harapannya selain mempromosikan batik Batam tapi juga promosi pariwisata Batam secara umum,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam tersebut.

Reporter: Umi Nur

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed