oleh

Banjir Durian di Tarempa, Pemuda Pancasila Berinisiatif Gelar Pesta

MEDAKO.CO.ID, Tarempa- Di sepanjang jalanan Kota Tarempa, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Anambas, terlihat banyak lapak buah durian. Mereka berjajar menghiasai tepian jalan. Durian yang dijual pedagang ini buah asli daerah. Aromanya wangi. Rasanya manis sekali.

“Sudah hampir sebulan durian banjir di Tarempa,” kata Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Anambas, Taufik Hidayah kepada Medako, Rabu, 14 Agustus 2019.

Pedagang durian di lapak-lapak tepi jalan ini membeli durian dari para petani yang ada di Pulau Siantan dan pulau-pulau sekitar. Harganya tentu lebih murah jika dibanding membeli durian dari luar, seperti Bintan, Tanjungpinang atau Batam.

Tahun ini, ujar pemuda lajang pemilik akun Facebook Moon Magian Purba itu, panen durian petani di Pulau Siantan dan sekitarnya melimpah. Lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Akibat membludaknya buah durian, masyarakat seakan bosan. Pembeli jadi sepi. Sehingga, durian yang semula dibanderol Rp. 25 ribu per biji, kini dijual hanya Rp. 5 ribu saja.

Tak mengherankan jika di sepanjang jalan di Pusat Kota Tarempa masyarakat akan disuguhi pemandangan jajaran tumpukan durian dengan bau khasnya yang menyengat.

Melihat kondisi ini, Pemuda Pancasila Anambas berinisiatif menggelar pesta durian. Organisasi kepemudaan ini berencana memborong durian dari petani sekitar seribu biji.

“Aksi ini untuk membantu petani agar ada tambahan penghasilan yang hasil panennya hampir tidak terjual lagi,” kata Taufik.

Pesta durian juga untuk memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 74. Pada acara ini masyarakat dapat menyantap durian yang disediakan panitia secara cuma-cuma. Sepuasnya.

“Setelah upacara 17-an, di sekitar Lapangan Bola Sulaiman Abdullah, nanti kami akan buka lapak Aksi Pesta Durian Gratis. Bagi masyarakat yang mau makan durian, silakan datang,” ujar Taufik.

Reporter: Muslim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed