oleh

Arus Orang dan Barang Tinggi, Pelabuhan KPK Perlu Diperluas

MEDAKO.CO.ID, Karimun- Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun menilai Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Kabupaten Karimun, perlu diperluas. Soalnya, setiap tahun penumpang di pelabuhan yang biasa disebut pelabuhan KPK ini terus melonjak. Apalagi musim lebaran, arus orang dan barang bertambah berlipat-lipat.

“Kita akan duduk bersama untuk mengembangkan pelabuhan ini. Kita ingin pengguna dan pemberi jasa sama-sama mendapatkan kenyamanan,” kata Gubernur ketika meninjau Pelabuhan KPK, akhir pekan lalu.

Perluasan pelabuhan, menurutnya, mendesak. Terutama untuk pintu masuk dan keluar. Juga untuk yang parkir atau yang parkir inap di kawasan pelabuhan.

Laporan yang diterima Nurdin, jumlah kendaraan yang keluar masuk pelabuhan begitu tinggi, utamanya ketika lebaran. Kendaraan roda dua pada hari biasa tidak sampai 1000 yang mengantar atau menjemput penumpang. Namun saat lebaran, jumlahnya bisa dua kali lipat.

Banyaknya kendaraan roda dua membuat kendaraan roda empat hanya bisa empat atau lima unit yang melewati pelabuhan. Padahal biasanya sampai 90 unit. Hal ini karena banyaknya kendaraan roda dua yang lewat.

Maka, Nurdin ingin kawasan pelabuhan diperluas agar nyaman. Keselamatan juga semakin terjamin. “Biar petugas tenang dalam bekerja. Dan bapak ibu pengguna nyaman dalam perjalanannya,” katanya.

Di sela-sela peninjauan Gubernur bersalaman dengan para pemudik. Di antaranya terdapat teman lama Gubernur.  “Eii… ape kaba? Bile mike ke sike. Lah raye kemane saje,” kata Gubernur.

Nurdin mengajak semua pihak menaruh perhatian terhadap pelabuhan tersebut. Karena ekonomi antarpulau yang semakin hari semakin maju dan bertambahnya dunia pariwisata.

“Aset ini mesti dikembangkan, sebagai penunjang ekonomi kerakyatan dengan adanya juga wisata lokal,” katanya.

Pada kesempatan ini, Nurdin juga melihat kondisi ponton dan speedboat yang melayani penumpang antarpulau. Ia mengingatkan semua pihak agar menjaga kenyamanan dan keselamatan selama berlayar.

Reporter: Anabella

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed