oleh

80 Ribu Lembar Formulir C-C1 Dipindai ke Situng

MEDAKO.CO.ID, Batam– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam kembali menggelar simulasi pemindaian dan input data ke sistem informasi penghitungan suara (Situng). Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan mengatakan kegiatan simulasi ini sudah kedua kalinya KPU laksanakan.

“Maret kemarin kita lakukan simulasi situng untuk 25 persen tempat pemungutan suara (TPS). Simulasi kali ini kita lakukan untuk 100 persen TPS,” kata Zaki, Kamis, 11 April 2019.

Jumlah TPS yang ada di Batam sebanyak 2.970 titik. Setiap TPS terdapat 27 lembar formulir yang akan dipindai dan dimasukkan datanya ke Situng KPU. Artinya ada 80.190 lembar formulir Model C dan C1 yang akan dikerjakan petugas. Sementara data yang diinput ke sistem adalah jumlah perolehan suara tiap partai peserta Pemilu.

“Kita sudah mulai simulasinya sejak Rabu (10/4). Dan sampai sekarang masih berlangsung. Perkiraan kita butuh waktu standar lima hari saja,” ujarnya.

Untuk proses pindai dan input data Situng ini, KPU Batam merekrut petugas. Terdiri dari 20 orang operator untuk pindai dan input data. Serta verifikator sebanyak empat orang.

“Jumlah komputer dan scanner yang kita punya ada sebanyak enam set. Jadi proses kerjanya nanti akan dibagi menjadi dua shift,” tutur Zaki.

Selain menyiapkan petugas untuk Situng, KPU Batam juga memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada penyelenggara pemilihan di tingkat TPS. Bimtek bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilaksanakan di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) tiap kelurahan.

Reporter: Umi Nur

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed