oleh

187 Kelompok Nelayan Kembali Terima Bantuan

MEDAKO.CO.ID, Batam– Pemerintah Kota Batam menyerahkan bantuan untuk nelayan. Kepala Dinas Perikanan, Husnaini mengatakan bantuan diberikan kepada 218 nelayan dari 187 kelompok.

“Total ada 717 unit sarana prasarana perikanan yang dibantu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam tahun 2018,” kata Husnaini usai penyerahan bantuan di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (12/11).

Rinciannya yakni berupa boat pancung dan mesin temple 20 PK 4 TAK sebanyak 28 unit. Jumlah KUB yang menerima sebanyak 28 KUB dengan pengelola nelayan berjumlah 28 orang.

Selanjutnya pengadaan bubu rajungan/bento sebanyak 7.250 yang diterima oleh 180 nelayan yang tergabung di dalam 50 KUB. Mesin ketinting sebanyak 10 unit untuk 10 nelayan yang dikelola 9 KUB. Ada juga bantuan konversi BBM ke bahan bakar gas yang berupa mesin ketinting, converter KIT, tabung gas 3 Kg dan long tile. Bantuan tersebut diserahkan kepada 429 nelayan yang tergabung dalam 10 KUB.

“Total jumlah penerima bantuan 87 KUB dengan jumlah pengelola 218 nelayan. Mereka yang menerima sudah diverifikasi tim. Melalui bantuan ini diharapkan nelayan penerima agar memaksimalkan bantuan sehingga dapat mensejahterakan nelayan yang ada di Batam,” katanya mengakhiri.

Ia mengatakan di Batam ada 15.500 nelayan. Mereka tergabung dalam 600 kelompok. Bantuan diberikan hanya kepada nelayan yang sudah berkelompok. Tiap kelompok bisa beranggotakan 10 nelayan.

Selain bantuan dari APBD, nelayan Batam juga menerima bantuan dari Kementerian ESDM. Bantuan yang diberikan berbentuk mesin ketinting, konverter kit, tabung gas, dan long tail.

“Jumlahnya 429 unit untuk 100 kelompok usaha bersama. Kita harap nelayan bisa memaksimalkan bantuan,” tuturnya.

Pemerintah berharap dengan diberikannya bantuan ini dapat meningkatkan produksi perikanan. Serta mewujudkan nelayan yang maju, mandiri, sejahtera, dan bermartabat.

Reporter: Umi Nur